[SALAH] Polisi Salah Tangkap Lagi, Egi Palsu Kembali Dilepaskan

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, bukan Egi alias Pegi dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon. Laki-laki dalam foto merupakan DN, oknum perawat RS Muhammadiyah yang sebelumnya menjadi tersangka kasus dugaan gunting jari bayi. DN dibebaskan melalui sistem keadilan restoratif. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————–
KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

————————————————————–
NARASI:
Polisi salah tangkap lagi, untungnya belum di sentrum
Egi Palsu Kembali Dilepaskan

https://vt.tiktok.com/ZSY2nS2Jr/  / https://archive.md/uEI0q  (Arsip)


————————————————————–
PENJELASAN:
Sebuah akun Tiktok dengan nama @kirom915 mengunggah sebuah tangkapan layar di yang memperlihatkan judul sebuah thumbnail Youtube dengan klaim bahwa Polisi telah salah tangkap terhadap Egi, sehingga kembali dilepaskan.

Setelah dilakukan penelusuran foto yang identik menggunakan fitur Google Lens, ditemukan foto yang identik pada berita di situs Jawapos dengan judul “Polisi Bebaskan Perawat DN Tersangka Gunting Jari Bayi di Palembang” yang terbit oada 13 Februari 20023.

Adapun pria dalam foto adalah DN, seorang perawat di Rumah Sakit Muhammadiyah yang sebelumnya menjadi tersangka kasus dugaan gunting jari bayi dalam perawatan. Pada 13 Februari 2023 lalu, DN dibebaskan dari hukuman penjara setelah melalui sistem keadilan restoratif.

“Ya, karena kasus suudah selesai melalui keadilan restoratif merujuk peraturan Polri Nomor 8 Tahun 2021 (tersangka dibebaskan),” kata Kepala Polrestabes Palembang sebagaimana dikutip dari Jawapos.

Selain itu melansir dari informasi terbaru mengenai Egi alias Pegi terduga kasus pembunuhan Vina Cirebon, belum ada informasi mengenai pembebasan Egi sebagaimana klaim dalam video.

Dengan demikian, klaim bahwa Polisi telah membebaskan Egi alias Pegi “palsu” karena menjadi korban salah tangkap, tidak benar.
————————————————————
REFERENSI:


(1) https://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/01436303/polisi-bebaskan-perawat-dn-tersangka-gunting-jari-bayi-di-palembang
(2) https://www.msn.com/id-id/berita/other/egi-alias-perong-otak-pembunuhan-vina-cirebon-akhirnya-ditangkap-terungkap-pekerjaannya-selama-ini/ar-BB1mPkr6