[SALAH] Mandi di Tiga Waktu Tertentu Bisa Menyebabkan Serangan Jantung dan Kematian

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim yang mengatakan mandi di tiga waktu tertentu bisa menyebabkan serangan jantung dan kematian adalah tidak benar. Sejauh ini belum ada penelitian yang mengaitkan hubungan serangan jantung dengan waktu mandi.

===========

[KATEGORI]: Konten Palsu

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/zA6ii (arsip)

===========

[NARASI]: “Mandi pada tiga waktu ini ternyata dapat berakibat kematian. 

Hal ini ternyata dikarenakan dalam beberapa waktu 30 menit setelah ashar, setelah magrib, dan sesudah isya hingga jam 12 malam kondisi tubuh dan jantung dalam keadaan lemah. 

Bila dipaksakan untuk mandi pada jam tersebut dapat menyebabkan reumatik, paru – paru basah, bahkan kematian. 

Oleh sebab itu hindari mandi dalam kondisi yang kurang stabil, serta pada jam – jam tersebut untuk menghindari kematian mendadak.”

===========

[PENJELASAN]: 

Artikel disadur dari Tempo.

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang berisi klaim tentang larangan mandi di tiga waktu tertentu karena menyebabkan kematian mendadak. Dalam unggahan tersebut juga menyebutkan bahwa mandi tidak boleh dilakukan sembarangan waktu karena jantung sedang melemah sehingga beresiko kematian. Tiga waktu tersebut adalah 1) 30 menit setelah shalat Ashar kondisi darah dalam tubuh sedang panas, 2) setelah Magrib, pukul 18.00-19.00 WIB, dan 3) sesudah shalat Isya hingga pukul 24.00 WIB. 

Dilansir dari Tempo, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSUD Dr HM Rabain Muara Enim, Sumatera Selatan, dr. Sondang Jasmine Mustikasari, Sp.JP. mengatakan sejauh ini memang tidak ada penelitian yang mengaitkan hubungan serangan jantung dengan waktu mandi. Beberapa studi yang ada menyelidiki kaitan antara kematian di kamar mandi meski sebagian besar penyebab hal ini masih misteri. Riset oleh Yang, dkk (2018) yang menyelidiki kematian yang terkait dengan mandi di Korea periode 2008-2015, menunjukkan dua penyebab utama kematian terkait mandi adalah penyakit kardiovaskular dan keracunan alkohol (pesta minuman keras sebelum mandi). Namun otopsi komprehensi masih dibutuhkan untuk memahami situasi tersebut. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan mandi di tiga waktu tertentu bisa menyebabkan serangan jantung dan kematian adalah tidak benar. Sejauh ini belum ada penelitian yang mengaitkan hubungan serangan jantung dengan waktu mandi.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2925/keliru-konten-yang-berisi-klaim-kematian-mendadak-yang-dikaitkan-dengan-waktu-mandi