[SALAH] Detik-Detik Suntik Mati Ibu Baby Jailyn yang Meninggalkan Anaknya 10 Hari Hingga Meninggal

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video yang diklaim detik-detik suntik mati ibu baby jailyn yang meninggalkan anaknya 10 hari hingga meninggal tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video Valentina Gloria seorang perempuan mengidap penyakit mental yang dipenjara karena meludah.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Instagram
https://web.archive.org/web/20240530043903/http://web.archive.org/screenshot/https://www.instagram.com/p/C6q6PnOSJDX/

= = = = =

NARASI:
“Detik-detik ibu baby jailyn di suntik mati, karna kasus yng meninggalkan baby jailyn selama 10 hari sampe tewas.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Instagram fazea_makeup14 memposting sebuah video seseorang yang sedang diborgol petugas dengan keadaan terbaring di kasur. Video tersebut diklaim merupakan detik-detik suntik mati ibu baby jailyn karena kasus meninggalkan anaknya selama 10 hari hingga tewas. Postingan tersebut diunggah pada 7 Mei 2024.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci klaim pada postingan tersebut ditemukan informasi bahwa video tersebut bukan video proses suntik mati seseorang. Melansir dari Tempo, perempuan pada video tersebut adalah Valentina Gloria yang didiagnosis menderita penyakit mental parah. Dirinya ditahan setelah meludahi perawat saat menerima perawatan di rumah sakit pada 2019.

Dalam tautan berita yang disertakan pada video kanal Youtube Hannah Critchfield pada 1 Agustus 2019 berjudul “Jail Video Gloria DR18038106 3” setelah dibaca menuliskan keterangan yang sama, bahwa video tersebut merupakan Valentina Gloria seorang perempuan mengidap penyakit mental yang dipenjara karena meludah.

Dengan demikian video yang diklaim detik-detik suntik mati ibu baby jailyn yang meninggalkan anaknya 10 hari hingga meninggal tidak benar. Video tersebut merupakan video Valentina Gloria seorang perempuan mengidap penyakit mental yang dipenjara karena meludah, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2911/keliru-video-seorang-ibu-jalani-suntik-mati-karena-telantarkan-anaknya
https://www.youtube.com/watch?v=ir7Z0QRDCuM
https://www.phoenixnewtimes.com/news/mentally-ill-arizona-woman-remains-in-jail-for-spitting-11346829