[SALAH] Video Vladimir Putin Berada di Pesawat Menuju ke Pemakaman Presiden Iran

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Video Putin di pesawat tersebut merupakan momen ketika ia melakukan penerbangan menuju Mesir, selain itu juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, memberikan keterangan bahwa tidak ada delegasi Rusia yang menghadiri pemakaman Presiden Iran.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/BbZ9B (arsip)

===========

[NARASI]:

Beredar Rumor Bahwa Mereka Berencana Membunuh Vladimir Putin Saat Dia Melakukan Perjalanan Dengan Pesawat Ke Pemakaman Presiden Iran.

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari artikel Kompas.com.

Beredar sebuah video di Facebook yang memperlihatkan Vladimir Putin sedang berada di sebuah pesawat untuk perjalanan menuju ke upacara pemakaman Presiden Iran.

Namun, berdasarkan hasil pencarian oleh Kompas.com ditemukan sebuah artikel dari media berita Rusia, Sputnik News, yang menjelaskan jika video tersebut adalah momen ketika Putin melakukan penerbangan menuju Kairo, Mesir, pada tahun 2017 yang lalu.

Sementara itu juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, memberikan keterangan bahwa tidak ada delegasi Rusia yang menghadiri pemakaman Presiden Iran. “Sejauh yang saya tahu, tidak ada kehadiran internasional yang diharapkan (selama upacara pemakaman),” kata Peskov dikutip Tass.com.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/25/132600082/-hoaks-video-putin-dalam-pesawat-menuju-pemakaman-presiden-iran

https://am.sputniknews.ru/20171213/kak-samolet-putina-na-puti-v-kair-soprovozhdali-rossijskie-istrebiteli-9791910.html

https://tass.com/world/1791177