[SALAH] Video Nenek Berumur 230 Tahun Jadi yang Tertua di Dunia

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan bukti yang membenarkan klaim tersebut. Guinness World Record menyatakan bahwa wanita tertua hidup selama 122 tahun yang lahir tahun 1875 dan meninggal tahun 1997. Sedangkan wanita tertua yang saat ini masih hidup ialah Maria Branyas Morera yang lahir tahun 1907, saat ini berusia 117 tahun.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Snack Video

https://bit.ly/3yDHEin

= = =

Narasi:

“NENEK BERUMUR RATUSAN TAHUN YANG MASIH HIDUP DAN MENJADI TERTUA DIDUNIA. 230 TAHUN HIDUP DIZAMAN APA KERAJAAN MATARAM KAH..??”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.

Beredar sebuah video di Snack Video yang menunjukkan wanita tua yang diklaim merupakan nenek tertua didunia yang berusia 230 tahun.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan bukti valid yang membenarkan klaim tersebut. Dilansir dari Tempo.co, wanita tertua yang pernah hidup yang tercatat dalam Guinness World Record adalah Jeanne Louise Calment seorang warga Perancis yang meninggal hingga usia 122 tahun, ia lahir tahun 1875 dan meninggal tahun 1997. Sedangkan wanita tertua yang saat ini masih hidup ialah Maria Branyas Morera, warga Spanyol yang lahir tahun 1907 yang berarti saat ini sudah berusia 117 tahun.

Terkait maksimal usia hidup manusia sekarang, Scientific American seperti yang dikutip dari Tempo.co, menyebut bahwa bila manusia menjalani hidup sehat dan berumur panjang, ia akan bisa hidup maksimal 120 sampai 150 tahun.

Dengan demikian, nenek berumur 230 tahun jadi yang tertua di dunia adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2921/belum-ada-bukti-video-yang-diklaim-perempuan-tertua-berusia-230-tahun

= = =