[SALAH] Suporter Indonesia Takbiran saat Pertandingan Melawan Irak di AFC U-23

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Video suporter Indonesia memberikan dukungan untuk timnas saat pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 telah diedit di sejumlah unggahan media sosial untuk menampilkan seolah para pendukung tengah bertakbir di stadion. 

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/P0qZy (arsip)

===========

[NARASI]:

Ketika Tim Pengamanan Qatar Kaget Melihat Hal Ini

Mantap suporter indonesia

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari artikel AFP.

Beredar sebuah video di Tiktok yang membagikan momen suporter Indonesia yang mengumandangkan takbir di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, saat Indonesia bertanding melawan Irak di perebutan juara ketiga piala AFC-23 kemarin.

Namun, berdasarkan pencarian dari AFP ditemukan sebuah video identik diunggah di Instagram milik @marragamchanel. Faktanya dalam video tersebut para suporter di stadion meneriakkan yel-yel “Yo… ayo, ayo Indonesia, kuingin kita harus menang!” bukan bertakbir.

Sementara itu suara suporter yang bertakbiran tersebut rupanya diambil dari video Youtube yang berjudul “Gema takbir di tribun snex”. Video yang diunggah pada 15 Juni 2018 itu menampilkan para pendukung klub PSIS Semarang yang sedang bertakbir di tribun.

Melalui hasil temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang beredar mengenai suporter Indonesia yang bertakbir saat perebutan juara ketiga AFC-23 melawan Timnas Irak di Qatar kemarin adalah hasil manipulasi.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34RM2QC

https://www.instagram.com/p/C6Lx_CrpH63/

https://www.youtube.com/watch?v=-J03PmrY9e4