[SALAH] Sri Mulyani Mengamuk ke Bea Cukai Masalah Celana Dalam

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan bukti dari sumber valid yang memberitakan bahwa Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengamuk ke Bea Cukai dan mempermasalahkan celana dalam. Tangkapan layar dari thumbnail video YouTube Merdeka.com hanya menampilkan Sri Mulyani yang mengklarifikasi beberapa kasus di Bea Cukai yang akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4dUAxSS

Arsip video: https://bit.ly/3yEA3Ag

= = =

Narasi:

“Bu sri mulyani ngamuk nah luuh 🤣🤣”

“TEGURAN KERAS RESPON SRI MULYANI VIRAL SEPATU BEA CUKAI”

Rekaman suara: “Celana dalam itu ambil aja, saya katakan sama bea cukai ikhlaskan saja celana dalamnya. Saya nggak ngerti ada bukti-buktinya semuanya, jadi ini bea cukai tadi saya sudah meminta.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Sebuah postingan Facebook membagikan video dengan thumbnail YouTube dari Merdeka.com dengan rekaman suara yang menyerupai suara Sri Mulyani yang memarahi pihak Bea Cukai karena mempermasalahkan celana dalam.

Namun setelah ditelusuri video YouTube Merdeka.com, tidak terdapat suara Sri Mulyani yang memarahi Bea Cukai. Dilansir dari Kompas.com, video tersebut menampilkan klarifikasi dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani terkait beberapa kasus barang impor yang dikenakan pajak tinggi yang akhir-akhir ini jadi sorotan masyarakat di media sosial.

Penelusuran oleh AntaraNews terkait suara yang diklaim merupakan suara Sri Mulyani, ditemukan suara dari video YouTube channel Yuni TKW Hong Kong@CURHATAN BMI yang mengeluhkan harga celana dalam yang ia beli di Hong Kong seharga Rp140.000 kemudian dikenakan pajak bea masuk seharga Rp800.000. Suara video tersebut diambil pada durasi 8:53 sampai 9:08.

Dengan demikian, Sri Mulyani mengamuk ke Bea Cukai masalah celana dalam adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/22/173000682/-hoaks-rekaman-suara-sri-mulyani-marahi-pegawai-bea-cukai

https://www.antaranews.com/berita/4114323/hoaks-rekaman-suara-sri-mulyani-marahi-pegawai-bea-cukai

= = =