[SALAH] Sebuah Asteroid Menabrak Bulan

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut merupakan hasil manipulasi visual yang dibuat menggunakan sebuah perangkat lunak bernama Blender untuk membuat video animasi dan efek visual tiga dimensi.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/dbits (arsip)

===========

[NARASI]:

Asteroid menabrak bulan terekam

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari artikel AFP.

Beredar sebuah video di Tiktok yang membagikan momen saat sebuah asteroid menabrak Bulan hingga sebabkan ledakan yang cukup besar di permukaan Bulan.

Namun, berdasarkan pencarian dari AFP ditemukan sebuah video identik diunggah di Instagram milik @thedeepastronomy. Faktanya dalam unggahan tersebut si pemilik akun menyertakan informasi di bagian caption jika video tersebut hanya merupakan hasil rekayasa animasi CGI.

Lebih lanjut, AFP berhasil menemukan akun Youtube bernama Diego Sinclair yang mana juga mengunggah video serupa, Pemilik channel Youtube tersebut sering mengunggah berbagai video editan termasuk video asteroid menghantam Bulan tersebut.

Saat dihubungi oleh AFP, pemilik channel Youtube, Diego Sinclair, ini mengonfirmasi bahwa dia menggunakan sebuah perangkat lunak bernama Blender untuk membuat video animasi dan efek visual tiga dimensi.

Melalui hasil temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang beredar mengenai sebuah asteroid yang menabrak bulan adalah hasil manipulasi.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34RJ99X

https://www.instagram.com/reel/CxdWLQ8xF7t/

https://www.youtube.com/@diego.sinclair/shorts