[SALAH] Megawati Hangestri Bongkar Bobrok PBVSI Hingga Presiden Jokowi Turun Tangan

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Megawati Hangestri membongkar kebobrokan PBVSI hingga Presiden Jokowi memberikan putusan tegas merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang dua artikel mengenai AVC Challenge Cup 2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/7SRGC9jbuOQ (YouTube)

=======

[NARASI]: “TAK ADA KATA AMPUN!!JOKOWI SAMPAI MURKA DENGAN PENJELASAN TAK MASUK AKAL KETUM PBVSI… | MEGAWATI BONGKAR BOBROK PBVSI, PRESIDEN JOKOWI TURUN TANGAN AKHIRNYA KELUARKAN PUTUSAN MENGEJUTKAN”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Sport News (@AdiMita-vl6qj) pada 27 Mei 2024 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa pemain voli putri Indonesia, Megawati Hangestri, membongkar bobrok PBVSI hingga Presiden Joko Widodo murka dan mengeluarkan putusan tegas.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang dua artikel mengenai AVC Challenge Cup 2024.

Pertama, artikel berjudul “Begini Penjelasan Imam Sudjarwo Mengenai Alasan PBVSI Kirim Tim Lapis Kedua pada AVC Challenge Cup 2024”. Artikel milik bola.com tersebut menjelaskan mengenai alasan PBVSI yang mengirim pemain muda pada AVC Challenge Cup karena adanya jadwal pemain senior yang bertabrakan dengan PLN Mobile Proliga 2024.

Sumber: Bola.com

Kedua, artikel berjudul “Kerugian Timnas Voli Putri Usai Coret Megawati dan Wilda Ikut AVC Challenge, Netizen Sesalkan PBVSI”. Artikel milik Tribun Timur tersebut memberitakan mengenai kemarahan netizen setelah Timnas Voli Putri Indonesia kalah dari Hongkong. Mereka mengkritik PBVSI yang hanya mengutus pemain pelapis di Proliga.

Sumber: Tribun Timur

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai Megawati Hangestri yang membongkar bobrok PBVSI seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Sport News merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.bola.com/ragam/read/5602444/begini-penjelasan-imam-sudjarwo-mengenai-alasan-pbvsi-kirim-tim-lapis-kedua-pada-avc-challenge-cup-2024?page=2
https://makassar.tribunnews.com/2024/05/23/kerugian-timnas-voli-putri-usai-coret-megawati-dan-wilda-ikut-avc-challenge-netizen-sesalkan-pbvsi