[SALAH] Gibran Resmi Batal Dilantik sebagai Wakil Presiden

Hasil periksa fakta Raymondha.

Klaim yang mengatakan jika presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka batal dilantik adalah salah. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih sulit untuk dijegal karena tahapan Pemilu 2024 sudah selesai.

=======

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

=======

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/uQSlTJW2rjY  (archive)

=======

[NARASI]: “GIBRAN BATAL DILANTIK ATAS REKOM PTUN
BREAKING NEWS GIBRAN RESMI GAGAL DILANTIK REKOMENDASI PUTUSAN PTUN UNTUK MPR”

=======

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Kompas.
Beredar unggahan di Youtube dengan klaim wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka secara resmi akan batal dilantik. Dalam unggahan disebutkan bahwa pembatalan itu dilakukan atas rekomendasi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Namun, setelah disimak tidak ditemukan informasi mengenai Gibran batal dilantik menjadi wapres. Narator hanya membacakan artikel yang terbitkan oleh Sindonews yang berjudul “ Gugatan PDIP ke PTUN Bisa Jadi Pertimbangan MPR Tidak Lantik Prabowo-Gibran”.

Artikel tersebut membahas pernyataan Ketua Tim Hukum PDIP, Gayus Lumbuun yang mengatakan bahwa jika gugatan mereka di PTUN dikabulkan maka bisa menjadi bahan pertimbangan MPR untuk tidak melantik Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada putusan dari PTUN terkait gugatan tersebut.

Melansir dari Kompas, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih sulit untuk dijegal karena tahapan Pemilu 2024 sudah selesai. Selain itu, Mahkamah Konstitusi (MK) juga telah mengukuhkan kemenangan Prabowo-Gibran sebagai presiden-wakil presiden terpilih.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengungkapkan, hingga rapat pimpinan MPR terakhir pada 6 Mei 2024, tidak ada pembahasan mengenai putusan yang bisa menjegal pelantikan presiden-wakil presiden terpilih. Ia menuturkan, agenda rapat justru membicarakan seputar rencana pelantikan presiden-wapres terpilih.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan jika wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka secara resmi akan batal dilantik adalah salah. Judul dalam video tidak sesuai dengan isi konten di dalamnya.

=======

[REFERENSI]:

https://nasional.sindonews.com/read/1369707/13/gugatan-pdip-ke-ptun-bisa-jadi-pertimbangan-mpr-tidak-lantik-prabowo-gibran-1714629942

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/18/084500682/-hoaks-prabowo-gibran-batal-dilantik-oleh-mpr?page=all#page2