[SALAH] Deddy Corbuzier Berikan Pernyataan Soal Korupsi untuk Membungkam Sandra Dewi

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Deddy Corbuzier memberikan pernyataan mengenai korupsi untuk membungkam mulut Sandra Dewi merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, video Deddy Corbuzier yang ditampilkan merupakan video podcastnya yang membahas mengenai sejarah korupsi di Indonesia.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/e9TbBy3i4D8 (YouTube)

=======

[NARASI]: “Keras! Sandra Dewi Auto Diskakmat Deddy Corbuzier Bungkam Mulut Sok Bijak Istri Harvey Soal Korupsi | SANDRA DEWI DISKAKMAT DEDY CORBUZIER, BUNGKAM MULUT SOK BIJAK KORUPTOR”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @yaschannelofficial pada 1 April 2024 mengunggah video yang mengklaim bahwa Deddy Corbuzier memberikan pernyataan soal korupsi untuk membungkam mulut sok bijak Sandra Dewi. Sebelumnya diketahui bahwa suami Sandra, Harvey Moeis, telah ditetapkan sebagai salah satu tersangka kasus korupsi timah Rp 271 triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video Deddy Corbuzier yang diklaim pada unggahan merupakan video podcastnya yang membahas mengenai sejarah korupsi di Indonesia.

Sumber: YouTube Deddy Corbuzier

Dalam podcast Close The Door yang telah tayang perdana pada 16 Februari 2023 tersebut, Deddy Corbuzier bersama Guru Gembul membahas sejarah korupsi di Indonesia yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Guru Gembul sendiri diketahui merupakan YouTuber asal Jawa Barat yang kerap memberikan pandangannya terhadap permasalahan yang sedang terjadi di Indonesia.

Hingga saat ini, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai pernyataan Deddy Corbuzier soal korupsi untuk membungkam Sandra Dewi seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @yaschannelofficial merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://purwakarta.kilat.com/nasional/10058916166/profil-guru-gembul-youtuber-kritis-dan-dianggap-kelompok-kiri-ada-agama-profesi-hingga-akun-instagram