[PENIPUAN] Akun Facebook “Bundaa Inul” Buka Giveaway dengan Menebak Nama Daerah

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Akun bernama “Bundaa Inul” ini merupakan akun tiruan dan dapat diindikasi sebagai modus untuk melakukan penipuan, akun Facebook Inul yang asli adalah “Inul Daratista” dan di akun tersebut tidak ada informasi giveaway apa pun.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Facebook https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/52.pdf (arsip)

===========

[NARASI]: Spesial HARI INI ! 𝗔𝘆𝗼 𝗝𝗮𝘄𝗮𝗯 𝗕𝗮𝗴𝗶 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗕𝗶𝘀𝗮 𝗠𝗲𝗻𝗷𝗮𝘄𝗮𝗯 𝗣𝗲𝗿𝘁𝗮𝗻𝘆𝗮𝗮𝗻 𝗧𝗲𝗿𝘀𝗲𝗯𝘂𝘁 𝗗𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗕𝗲𝗻𝗮𝗿 𝗔𝗸𝗮𝗻 𝗠𝗲𝗻𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗨𝗮𝗻𝗴 𝗧𝘂𝗻𝗮𝗶 𝗣𝘂𝗹𝘂𝗵𝗮𝗻 𝗝𝘂𝘁𝗮…

𝗕𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗝𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻 𝗔𝗻𝗱𝗮 𝗞𝗲 𝗪𝗵𝗮𝘁𝘀𝗮𝗽𝗽 𝗦𝗮𝘆𝗮!!!

https://wa[dot]me/message/LGLJRP7ZUZYWC1

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan seorang penyanyi dangdut terkenal, Inul, membagikan postingan berisi giveaway dengan menjawab kuis dari mana daerah asal Inul.

Pada caption terdapat tambahan informasi jika sudah ada yang bisa menjawab dengan benar dapat menghubungi link Whatsapp yang dicantumkan untuk mengambil hadiah giveaway.

Namun, akun tersebut bukan merupakan akun resmi milik Inul, jika diperhatikan nama akun tersebut adalah “Bundaa Inul”, sedangkan jika kita cek di Facebook nama akun asli milik Inul adalah “Inul Daratista”.

Kemudian jika kita cek di akun Facebook asli Inul tidak ditemukan adanya postingan mengenai giveaway apapun seperti yang disebarkan oleh akun tiruan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran ini, maka disimpulkan jika akun bernama “Bunda Inul” ini merupakan akun tiruan dan harus diwaspadai sebagai modus untuk melakukan penipuan online.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.facebook.com/inuldaratista

https://turnbackhoax.id/2023/09/02/salah-video-inul-daratista-berbagi-hadiah-melalui-akun-facebook