[SALAH] Rekaman Detik – Detik Jatuhnya Helikopter Ebrahim Raisi

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video tersebut merupakan rekaman video dari salah satu penyintas jatuhnya helikopter di hutan Panama pada 10 Agustus 2022, bukan video rekaman jatuhnya helikopter Ebrahim Raisi.

=====    

KATEGORI: Konteks yang salah

=====    

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/nG9j0

=====    

Narasi   
:flag-ir::flag-ir:: Detik-detik jatuhnya helicopters Ayatollah Ebrahim Raisi.

=====   

Penjelasan:   
Akun twitter Jendral Langit telah memposting sebuah video yang diklaim sebagai video rekaman detik detik jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi. Unggahan tersebut telah diunggah pada tanggal 22 Mei 2024. 

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata video tersebut identik dengan video pada laman youtube Dagbladet dengan judul “filmer egen flystyrt” yang telah diunggah pada 19 Agustus 2022 lalu. Rekaman tersebut merupakan rekaman dari politisi Dimitri Flores, salah satu penumpang helikopter yang selamat dan mengunggah video meminta bantuan di depan reruntuhan helikopter yang jatuh di media sosial. 

Dilansir dari mediaindonesia.com, kecelakaan itu terjadi pada Rabu, 10 Agustus 2022 pada pagi hari di sebuah kawasan hutan di pegunungan yang terletak di ketinggian lebih dari 5.500 kaki di atas permukaan laut, tepatnya di hutan Panama. Dari kejadian tersebut terdapat 6 penyintas yang selamat dengan dua di antaranya mengalami patah tulang. 

Sehingga, video yang diunggah oleh akun twitter Jendral Langit merupakan rekaman dari salah satu penyintas jatuhnya helikopter di hutan Panama pada 10 Agustus 2022, bukan video rekaman jatuhnya helikopter dari Ebrahim Raisi. 

=====     

Referensi:    
https://youtu.be/g7fPc_h7ghg?si=oIJ5ZamNszgrCwFR
https://mediaindonesia.com/amp/internasional/514133/minta-bantuan-lewat-medsos-penyintas-kecelakaan-helikopter-di-hutan-panama-berhasil-diselamatkan