[SALAH] Ferdy Sambo Selamat dari Hukuman Mati dan Sedang Liburan di Luar Negeri

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tidak ditemukan informasi yang valid terkait klaim bahwa Ferdy Sambo selamat dari hukuman mati dan sedang menikmati liburan ke luar negeri. Selain itu, konten yang beredar merupakan hasil buatan AI. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————–
KATEGORI: KONTEN PALSU

————————————————————–
NARASI:

_*”TERIMAKASIH  KEPADA KAPOLRI, KAPOLDA JAKARTA, DAN SELURUH JAJARAN KEPOLISIAN, PARA PENGACARA, JAKSA DAN HAKIM YANG MENOLONG SAYA, AKHIRNYA SAYA  BEBAS, SELAMAT DARI HUKUMAN MATI, SEKARANG  SAYA & KELUARGA SUDAH DILUAR NEGRI MENIKMATI KEBEBASAN DAN  KEKAYAAN”.*_

_*°(SAMBO& KELUARGA)°*_

SUMBER: https://www.facebook.com/share/v/FdQvY95z932Kbguf/?mibextid=oFDknk   / https://archive.md/LuR2w  (Arsip)


————————————————————–
PENJELASAN:

Sebuah akun Facebook dengan nama Andrie mengunggah sebuah konten kompilasi foto yang memperlihatkan sosok Ferdy Sambo. Konten tersebut disebarkan dengan klaim bahwa Ferdy Sambo saat ini bebas dari hukuman mati dan tengah menikmati liburan di luar negeri.

Kami mencoba memverifikasi dengan menelusuri informasi yang relevan melalui pencarian manual di google search. Hasilnya, tidak ditemukan judul berita maupun informasi valid terkait klaim yang beredar.

Selanjutnya, kami juga menelusuri kompilasi foto yang ditampilkan menggunakan alat pendeteksi deepfake gratis dari Hive Moderation. Awalnya, kami mengunggah konten kompilasi tersebut secara utuh. Hasilnya, Hive Moderation mendeteksi bahwa konten tersebut merupakan buatan AI dengan probabilitas sebesar 99,9 persen.

Selain itu, kami juga melakukan pencocokan satu persatu gambar yang dicantumkan dalam konten kompilasi. Berikut probabilitasnya:

1. Gambar pertama sebesar 99,9%
2. Gambar kedua sebesar 99,8%
3. Gambar ketiga sebesar 84,8%
4. Gambar keempat sebesar 82,7%
5. Gambar kelima sebesar 99,9%
6. Gambar keenam sebesar 99,5%

Selain menggunakan Hive Moderation, sebagai komparasi, kami juga menggunakan fitur pengecekan video deepfake bernama Deepfake-O-Meter dari Buffalo University. Melalui pemindaian ini, kami mendapatkan hasil dari 5 detector sebagai berikut:

1. Universitas Buffalo Video Detector (2022) probabilitas sebesar 71,5 persen
2. Universitas Buffalo Video Detector (2024) probabilitas sebesar 3,4 persen
3. The University of Tokyo – Video Detector (2022) probabilitas sebesar 23,7 persen
4. University of Science and Technology of China – Video Detector (2023) probabilitas sebesar 78,7 persen
5. UA – Video detector (2019) probabilitas sebesar 5,5 persen

Dengan demikian, klaim narasi pada konten kompilasi foto yang beredar bahwa Ferdy Sambo selamat dari hukuman mati dan sedang menikmati liburan di Luar Negeri, tidak benar dan merupakan konten palsu yang dibuat oleh AI.
————————————————————
REFERENSI:
(1) https://hivemoderation.com/ai-generated-content-detection
(2) http://zinc.cse.buffalo.edu/ubmdfl/deep-o-meter/report_index_dynamic/vinafebriani124%40gmail.com_2024-05-27-03:27:30