[SALAH] Video AI Lagu Baru Iwan Fals “Tikus & Macan”

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Bukan lagu baru. Faktanya, audio yang beredar merupakan hasil buatan AI dan video yang ditampilkan merupakan kompilasi dari dua cuplikan konser lawas Iwan Fals. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————–

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

————————————————————–
NARASI:

KEREN NIH LAGU BARUNYA IWAN FALS
“Tikus & Macan”

SUMBER: https://www.facebook.com/share/v/d96ABtufUeb5WsdG/?mibextid=oFDknk  / https://archive.md/d2xSq  (arsip)


————————————————————–

PENJELASAN:

Sebuah akun facebook dengan nama Dedi mengunggah sebuah video yang menampilkan cuplikan konser Iwan Fals menyanyikan lagu berjudul Tikus & Macan. Video tersebut diunggah dengan klaim lagu baru Iwan Fals. Dari unggahan tersebut, didapati bahwa konten yang digunakan merupakan buatan akun Tiktok dengan nama @studiomusicrockciamis yang juga diunggah di kanal Youtube dengan nama serupa.

Sebelumnya, tim pemeriksa fakta Kompas telah melakukan penelusuran dari video di akun yang sama berjudul “Dinasti Jokowi”. Berdasarkan hasil temuan Kompas, video tersebut termasuk dalam konten Hoaks yang audionya diproduksi oleh AI. Artikel periksa fakta dengan judul serupa juga telah terbit di Turnbackhoax.id.

Pada konten temuan dengan judul “Tikus & Macan” ini, pertama-tama kami melakukan konversi dari format video ke Mp3, diambil sampel 7 detik, dan dipisahkan antara musik dengan vocal. Selanjutnya, kami melakukan penelusuran dengan menggunakan alat pendeteksi AI bernama elevenlabs dan AI Voice Detector. Setelah dilakukan pencocokkan, didapatkan hasil sebagai berikut:

1. Elevenlabs

Kami mencoba mencocokkan hasil audio AI dengan menggunakan salah satu fitur pendeteksi audio AI secara  gratis yang dimiliki platform elevenlabs.io, yakni AI Speech Classifier. Hasilnya, kemungkinan konten audio tersebut dibuat menggunakan AI dari elevenlabs sebesar 2,0%. Sayangnya, platform ini hanya bisa mendeteksi akurat ketika konten audio itu dibuat menggunakan elevenlabs.

2. AI Voice Detector

Pencocokkan audio AI selanjutnya menggunakan platform berbayar bernama aivoicedetector.com. Platform ini diklaim memiliki akurasi hingga 98 persen. Audio yang telah dikonversi dan dipisah bagian vokalnya, kami unggah di platform ini. Hasilnya, kemiripan dengan suara AI hanya sebesar 0,70 persen dan suara alami sebesar 99,30 persen.

Dua fitur pendeteksi AI yang kami gunakan, sering kali hasilnya tidak dapat dijadikan dasar yang cukup valid dalam pembuktian konten AI. Sehingga kami juga menggunakan cara lain, salah satunya dengan menelusuri secara manual cuplikan video yang digunakan dalam video yang beredar melalui platform Youtube.

Dari penelusuran itu, ditemukan 2 video yang identik dengan cuplikan yang ditampilkan.

Pertama, kami mencoba menggunakan berbagai kata kunci sesuai dengan apa yang ditampilkan dalam video. Kata kunci terakhir yang kami gunakan, “Konser Iwan Fals Muda” menghantarkan kami pada hasil yang identik, yakni sebuah video cuplikan Live Konser Iwan Fals di Trans TV berjudul “Tikus-Tikus Kantor” yang diunggah ulang oleh kanal Youtube yb tommie pada 30 Januari 2012.

Cuplikan lain yang digunakan dalam video yang beredar juga ditemukan di kanal Youtube “Oi Jakarta” pada unggahan video berjudul “Iwan Fals – Bongkar – Konser Suara Untuk Negeri Jakarta” yang tayang pada 17 Maret 2014.

Degan demikian, klaim dalam narasi yang beredar bahwa video tersebut merupakan cuplikan lagu baru Iwan Fals berjudul “Tikus & Macan,” tidak benar.
————————————————————

REFERENSI:
(1) https://youtu.be/jtJKvUssLDE?si=6Tipfxuspp8-LSA7
(2) https://youtu.be/eyx_Xfs2GQ4?si=DCTdJJfHWWiq-r-_
(3) https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/14/154500182/-klarifikasi-konten-ai-video-iwan-fals-nyanyikan-lagu-kritik-dinasti
(4) https://turnbackhoax.id/2024/05/14/salah-lagu-iwan-fals-berjudul-dinasti-jokowi/