[SALAH] Tangkapan Layar Judul Berita Detik: Prabowo Subianto siap terjunkan 80 Kopasus untuk penjagaan Kejagung Dan keluarga

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tidak ditemukan judul berita yang valid terkait tangkapan layar tersebut. Konten ini merupakan hasil suntingan menggunakan Inspect Element. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————–
KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

————————————————————–
NARASI:
Prabowo Subianto siap terjunkan 80 Kopasus untuk penjagaan Kejagung Dan keluarga, Indonesia sedang tidak baik

SUMBER: https://vt.tiktok.com/ZSY22hPpC/  / https://archive.md/z1fm2  (arsip)


————————————————————–

PENJELASAN:
Sebuah akun Tiktok dengan nama @fandyhasan_ mengunggah sebuah tangkapan layar berita di situs Detik News dengan judul “Prabowo Subianto siap terjunkan 80 Kopasus untuk penjagaan Kejagung Dan keluarga, Indonesia sedang tidak baik.”

Sejumlah penelusuran kami lakukan untuk memverifikasi informasi tersebut. Pertama-tama, kami menggunakan metode penelusuran manual melalui Google Search dengan keyword judul berita yang digunakan. Hasilnya, tidak ditemukan judul berita yang relevan dari situs mana pun.

Kemudian, penelusuran juga kami lakukan di laman berita Detik News sebagaimana keterangan waktu dan tanggal berita tersebut diunggah, yakni pada Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 09.30 WIB. Hasilnya, tidak terdapat berita yang relevan. 

Dengan demikian, kami menyimpulkan bahwa tangkapan layar berita di situs Detik News yang beredar merupakan hasil suntingan menggunakan Inspect Element, yakni dengan mengganti bagian title pada inspect element dan bagian image.

Kami mencoba mencontohkan cara mengedit judul berita menggunakan inspect element yang dapat dilihat di sini.

Dengan demikian, tangkapan layar judul berita detik news yang menyebut bahwa “Prabowo Subianto siap terjunkan 80 Kopasus untuk penjagaan Kejagung Dan keluarga, Indonesia sedang tidak baik,” tidak benar.

————————————————————
REFERENSI:


(1) https://www.instagram.com/reel/C7ddtIKvatX/?igsh=MWs0MzFtaGxtZzJlMg==
(2) https://zapier.com/blog/inspect-element-tutorial/