[SALAH] SRI MULYANI BEKUK OKNUM DI BEA CUKAI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan pemberitaan terkait Sri Mulyani bekuk oknum di Bea Cukai. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/eg49BSgoWyw (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik Terkini – SRI MULYANI BEKUK OKNUM DI BEA CUKAI ? @garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!
CIDUK OKNUM DI BEA CUKAI?
SIDAK SRI MULYANI BERUJUNG PIDANA

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani bekuk oknum di Bea Cukai beredar dari channel youtube bernama Garis Politik pada 19 Mei 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Thumbnail yang menampilkan gambar Sri Mulyani dan Arilangga Hartanto dengan kontainer di belakangnya tersebut merupakan momen ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi JICT Tanjung Priok. Kunjungan terkait barang menumpuk di pelabuhan.

Gambar aslinya dimuat dalam artikel detik.com berjudul “Potret Airlangga dan Sri Mulyani Bereskan Kontainer Menumpuk di Tanjung Priok”.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “Saat Sri Mulyani Panjat Truk Kontainer yang Bawa Barang Impor di Pelabuhan Tanjung Priok…”. Artikel ini membahas tentang Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memanjat truk kontainer ketika meninjau pengeluaran truk yang membawa barang impor di Jakarta International Container Terminal (JITC), Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu, 18 Mei 2024.

Selain itu narator dalam video juga membacakan artikel dari hops.id yang berjudul “Gemetaran disidak langsung Sri Mulyani, petugas Bea Cukai yang belum genap sebulan kerja diperlakukan begini”. Dalam artikel tersebut membahas tentang Menteri Keuangan Sri Mulyani yang pernah melakukan observasi langsung pada pelayanan Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta pada tahun 2023 lalu.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Sri Mulyani bekuk oknum di bea cukai tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://money.kompas.com/read/2024/05/18/120831926/saat-sri-mulyani-panjat-truk-kontainer-yang-bawa-barang-impor-di-pelabuhan#google_vignette

https://www.hops.id/trending/29412600428/gemetaran-disidak-langsung-sri-mulyani-petugas-bea-cukai-yang-belum-genap-sebulan-kerja-diperlakukan-begini

https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-7346500/potret-airlangga-dan-sri-mulyani-bereskan-kontainer-menumpuk-di-tanjung-priok/2