[SALAH] Red Sparks Harumkan Nama Indonesia dengan Cetak Skor 90

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa tim voli Red Sparks kembali mengharumkan nama Indonesia dengan keberhasilannya mencetak skor 90 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://web.archive.org/web/20240524100611/https://www.youtube.com/watch?v=lTrGK5aXK-k (YouTube)

=======

[NARASI]: “Tim Redspark Kembali Berhasil Mengharumkan Nama Indonesia, Membuat Megawati Hangestri Menangis Haru | JERIT TANGIS MEGAWATI HANGESTRI PECAH USAI TIM RED SPARKS BERHASIL MENCETAK SKOR 90″

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @infomedia3180 pada 16 Mei 2024 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa tim voli Korea asuhan Koo Hee-jin, Red Sparks, kembali mengharumkan nama Indonesia dengan keberhasilannya mencetak skor 90.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul dan thumbnail unggahan berbeda dengan isi dan narasi video.

Nyatanya video tersebut memberitakan mengenai mantan kapten Red Sparks, Lee So-young, yang bergabung ke IBK Altos pada bursa transfer Liga Voli Korea musim ini.

Selain itu, video tersebut juga memberitakan mengenai mantan pemain Hi Pass sekaligus pemain baru Red Sparks, Vanja Bukilic, yang resmi menggantikan Giovanna Milana untuk mengisi slot pemain asing di tim Red Sparks.

Sumber: Tribun News

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai Red Sparks yang berhasil mencetak skor 90 seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @infomedia3180 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.msn.com/id-id/olahraga/other/liga-voli-korea-1-ketakutan-lee-so-young-usai-tinggalkan-red-sparks-ke-tim-rival/ar-BB1lMJMf?ocid=weather-verthp-feeds
https://www.tribunnews.com/sport/2024/05/10/pengganti-giovanna-milana-resmi-diumumkan-vanja-bukilic-jadi-tandem-megawati-di-red-sparks