[SALAH] Presiden Jokowi Permalukan Harvey Moeis atas Kasus Korupsi Timah

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo mempermalukan Harvey Moeis atas kasus korupsi timah merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, video yang diklaim dan ditampilkan dalam unggahan adalah video pidato Presiden Jokowi pada Hari Anti Korupsi Sedunia 2023.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://web.archive.org/web/20240524104652/https://www.youtube.com/watch?v=8PGse6QAJTs (YouTube)

=======

[NARASI]: “Pak Jokowi Marah Dan Permalukan Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Yg Korupsi 271 Triliun”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @BADBOYSCAM pada 2 April 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo mempermalukan Harvey Moeis di hadapan publik. Harvey Moeis sendiri adalah suami aktris Sandra Dewi sekaligus tersangka kasus korupsi timah Rp 271 triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video Presiden Jokowi yang diklaim sedang mempermalukan Harvey Moeis adalah video pidatonya pada Hari Anti Korupsi Sedunia 2023.

Sumber: YouTube Sekretariat Kabinet RI

Dalam acara yang digelar di Jakarta pada 12 Desember 2023 itu, Presiden Jokowi menyampaikan atas perlunya upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi yang lebih masif, sistematik, serta memanfaatkan teknologi terkini.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai Presiden Jokowi yang mempermalukan Harvey Moeis seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @BADBOYSCAM merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.setneg.go.id/baca/index/sambutan_presiden_joko_widodo_pada_puncak_peringatan_hari_antikorupsi_sedunia_tahun_2023