[SALAH] Penangkapan Linda Sahabat Vina dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Bukan penangkapan Linda dalam kasus kematian Vina, melainkan penangkapan perempuan asal Aceh yang mencuri emas demi berlibur dan membeli ponsel yang terjadi pada Juni 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah video oleh akun Twitter @MasterKiDs21 yang menunjukan proses penangkapan Linda sahabat Vina yang menjadi korban pembunuhan oleh sekelompok geng motor di Cirebon pada tahun 2016 silam. Wanita yang diduga Linda tersebut terlihat menggunakan baju tahanan dan diinterograsi oleh pihak kepolisian.

NARASI:
babak akhir yang seru

Semoga dapat titik temu dari interogasi Linda

Sumber: Twitter https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/LINDA-VINA.pdf Arsip

PENJELASAN:
Kasus kematian Vina Dewi (16), perempuan asal kampung Samadikun, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, yang terjadi pada 27 Agustus 2016 masih menjadi misterius. Kasus ini kembali viral setelah muncul filmnya di bioskop yang tayang sejak 8 Mei 2024, masyarakat dibuat penasaran karena sampai saat ini kasus itu belum terungkap secara jelas dan diwarnai teka-teki.

Jagat maya dipenuhi dengan pembahasan terkait dengan kasus kematian Vina, tak sedikit konten dalam bentuk video yang muncul di media sosial. Salah satunya yang diunggah oleh akun Twitter @MasterKiDs21 yang menyebutkan bahwa Linda yang merupakan sahabat Vina disebut sebagai saksi kunci telah ditangkap. Video serupa juga tersebar di media sosial lainnya.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, tidak ditemukan artikel terkait penangkapan Linda di portal berita mainstream manapun. Selain itu merujuk pada video yang ditampilkan, saat proses interogasi oleh pihak kepolisian, bukan merupakan interogasi dalam kasus Vina, melainkan penangkapan perempuan asal Aceh yang mencuri emas demi berlibur dan membeli ponsel. Kejadian tersebut terjadi pada Juni 2022.

Dengan demikian, video tersebut adalah tidak benar karena tidak berkaitan dengan kasus kematian Vina di Cirebon. Sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://youtu.be/Iq65iOXzxQA?si=mr-6mFCvnZX_fFRc