[SALAH] Gelombang Tinggi Seperti Tsunami Hantam Maluku pada 26 Mei 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang tinggi seperti tsunami yang menghantam Maluku.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/QAjrHgCdUdA (arsip)

===========

[NARASI]: “TAMAT SUDAH PESISIR MALUKU
SEKETIKA LUDES GELOMBANG TINGGI BAK TSUNAMI PADA HARI INI”

===========

[PENJELASAN]:
Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 26 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi gelombang tinggi seperti tsunami yang menghantam Maluku.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BMKG mengenai potensi terjadinya gelombang tinggi. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Hari Ini dan Besok Perairan Bengkulu, Lampung dan Banten Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter” yang diterbitkan oleh Diskursus Network.

Mengutip dari Diskursus Network, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini tentang potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada tanggal 26 hingga 27 Mei 2024. Peringatan ini diberikan menyusul prediksi kondisi angin yang berpotensi mengakibatkan gelombang tinggi di berbagai wilayah laut Indonesia. Oleh karena itu masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai dihimbau agar tetap selalu waspada terhadap terjadinya gelombang tinggi.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang tinggi seperti tsunami yang menghantam Maluku.

===========

[REFERENSI] :
https://diskursusnetwork.com/2024/05/26/hari-dan-besok-perairan-bengkulu-lampung-dan-banten-potensi-gelombang-tinggi-hingga-4-meter/