[SALAH] Demo DPR RI 12 Mei 2024 Banjir Darah

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya dalam kejadian demo di gedung DPR pada 12 Mei 2024 kemarin tidak ada artikel-artikel yang menyebutkan adanya korban akibat dari peristiwa tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/jxbQVXqyGBs arsip)

===========

[NARASI]:

DPR BANJIR DAR4H‼️TRAGEDI SADIS 98 TERULANG LAGI, J0K0WI SAMPAI KABUR DARI BELAKANG

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim mengenai demo mahasiswa yang terjadi di gedung DPR RI pada 12 Mei 2024 kemarin dibanjiri oleh darah hingga membuat Jokowi kabur.

Dalam isi video dijelaskan jika demo tersebut dilakukan oleh para mahasiswa dari Trisakti, mereka melakukan demo tersebut dalam rangka untuk menyuarakan tragedi 12 Mei 1998 yang mana pada saat itu ada 4 mahasiswa Trisakti yang menjadi korban jiwa dalam aksi demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatan Presiden pada tanggal 12 Mei 1998.

Akan tetapi melansir beberapa artikel dari liputan6.com dan rctiplus.com, meskipun beberapa mahasiswa berhasil menjebol pintu belakang gedung DPR, tetapi tidak disebutkan jika dalam demo 12 Mei 2024 kemarin ada korban luka berat ataupun korban meninggal di peristiwa tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.rctiplus.com/news/detail/berita-utama/4371171/demo-kasus-12-mei-rusuh–pagar-dpr-sempat-dijebol-mahasiswa-trisakti

https://www.liputan6.com/news/read/5598563/demo-ricuh-ratusan-mahasiswa-memaksa-masuk-gedung-dpr-ri