[SALAH] Presiden Jokowi Marah Setelah Tahu Prabowo Ingin Merebut Jabatannya

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video tidak membuktikan mengenai benar adanya klaim bahwa Jokowi murka kepada Prabowo, isi video lebih banyak berisi mengenai asumsi tentang campur tangan Jokowi dalam kepemimpinan Prabowo dan beberapa topik lainnya yang tidak berhubungan dengan judul video.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/8c7KoQ4wk6M (arsip)

===========

[NARASI]:

J0K0WI MURKA‼️USAI TAU RENCANA AWAL PRABOWO MAU REBUT ISTANA DARI J0K0WI

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim mengenai kemarahan Presiden Jokowi setelah mengetahui tentang rencana awal Prabowo untuk merebut posisinya di Istana Negara.

Setelah dilakukan pengamatan terhadap isi video, narator hanya menjelaskan mengenai Jokowi yang menanggapi soal potensi menjadi penasihat Presiden terpilih Prabowo Subianto. Selain itu narator hanya memberikan informasi yang bersifat asumsi-asumsi saja.

Dalam video juga diselipkan cuplikan video dari beberapa pengamat politik yang memberikan komentar terhadap beberapa topik, seperti munculnya wacana ‘presidential club’ oleh gagasan dari Prabowo hingga topik mengenai isu akan adanya campur tangan Jokowi dalam kepemimpinan Prabowo kelak.

Hingga akhir video tidak ditemukan adanya penjelasan mengenai kemarahan Jokowi kepada Prabowo seperti yang dijelaskan di judul video.

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.tempo.co/read/1867530/respons-jokowi-soal-potensi-jadi-penasihat-prabowo

https://news.detik.com/pemilu/d-7329926/dewan-pertimbangan-agung-mencuat-di-tengah-wacana-presidential-club