[SALAH] Pernyataan Mengejutkan dari Pelatih Portugal Jelang Lawan Indonesia Bikin Se-Asia Kaget

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan adanya pernyataan dari pelatih Timnas Portugal yang berkaitan dengan pertandingan melawan Indonesia. Sedangkan Exco PSSI, Arya Sinulingga menyatakan bahwa uji coba melawan Portugal sulit diwujudkan karena Timnas Indonesia memiliki agenda yang padat seperti kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan kompetisi Piala AFF 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: YouTube

= = =

Narasi:

“PERNYATAAN MENGEJUTKAN PELATIH PORTUGAL ~ JALANG VS INDONESIA SE ASIA KAGET KARENA NGOMONG GINI”

“SE ASIA DIBIKIN SYOK GAK MENYANGKA PELATIH PORTUGAL NGOMONG GINI. PERNYATAAN MENGEJUTKAN PORTUGAL JELANG LAGA MELAWAN INDONESIA SE ASIA DIBIKIN GAK NYANGKA KARENA DIA NGOMONG GINI”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Sebuah video YouTube dengan judul dan thumbnail yang menarasikan bahwa pelatih Timnas Portugal mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan jelang pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid kepastian pertandingan antara Timnas Portugal dan Timnas Indonesia. Meskipun kabar tersebut sempat beredar, namun Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga menyebut bahwa pertandingan tersebut sulit diwujudkan pada tahun ini, karena Timnas Indonesia memiliki agenda yang padat seperti kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan kompetisi Piala AFF 2024, seperti yang dilansir dari Bola.com.

Dilansir dari Kompas.com, video yang menampilkan pelatih Timnas Portugal, Roberto MartĂ­nez, video jumpa persnya pada Desember 2023 yang membahas mengenai persaingan di grup F pada ajang Euro 2024 yang dimulai pada Juni 2024. Tidak ada kaitannya dengan Timnas Indonesia.

Dengan demikian, pelatih Timnas Portugal mengeluarkan pernyataan sebelum melawan Timnas Indonesia adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/20/111100782/-hoaks-pernyataan-mengejutkan-pelatih-portugal-jelang-laga-lawan

https://www.bola.com/indonesia/read/5594125/potensi-timnas-indonesia-hadapi-cristiano-ronaldo-serius-nih-bakal-uji-coba-vs-portugal-tahun-ini-pssi-beri-respons-menarik?page=3#google_vignette

= = =