[SALAH] Gelombang Dahsyat 12 Meter Gulung Rumah di Aceh pada 23 Mei 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang tinggi 12 meter yang menghantam Aceh.  

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/s2s3EdDa8jk   (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~INALILLAH..ACEH TERGULUNG LAGI,GELOMBANG DASYAT 12 METER GULUNG RUMAH² WILAYAH INI”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 23 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi gelombang tinggi 12 meter yang menghantam Aceh.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BMKG mengenai potensi terjadinya gelombang tinggi di perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “BMKG Ingatkan Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara.” yang diterbitkan oleh Ajnn Net

Mengutip dari Ajnn,Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh mengingatkan kepada nelayan mewaspadai potensi gelombang dengan ketinggian mencapai 1,5 meter di Perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara. Tingginya gelombang tersebut disebabkan oleh kecepatan angin di laut yang mencapai 30 kilometer per jam. Oleh karena itu masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai dan nelayan diimbau agar lebih waspada terhadap gelombang tinggi saat melakukan aktivitas di laut. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang tinggi 12 meter yang menghantam Aceh.

===========

[REFERENSI] :

https://www.ajnn.net/news/bmkg-ingatkan-nelayan-waspadai-gelombang-tinggi-di-perairan-lhokseumawe-dan-aceh-utara/index.html