[SALAH] Toko Emas Sandra Dewi Disita atas Kasus Korupsi Timah Rp 271 T

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa toko emas milik aktris Sandra Dewi telah disita kepolisian imbas dari kasus korupsi yang menyeret Harvey Moeis merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, toko emas milik Sandra Dewi tidak termasuk dalam daftar aset Harvey Moeis yang disita oleh Kejagung RI.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/OjyNxQa1VkY (YouTube)

=======

[NARASI]: “Sandra Dewi Hampir Gila Saat Toko Emas Miliknya Disita Atas Kasus Korupsi 271 Triliun”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @BADBOYSCAM pada 24 April 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa toko emas milik aktris Sandra Dewi telah disita oleh kepolisian. Adanya penyitaan aset ini merupakan imbas dari penangkapan sang suami, Harvey Moeis, atas kasus korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp 271 triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya toko emas milik Sandra Dewi tidak termasuk dalam daftar aset Harvey Moeis yang disita oleh Kejagung RI.

Dilansir dari Jatim Tribun News, diketahui bahwa toko emas bernama Sandra Dewi Gold telah didapatkan oleh Sandra sebelum menikah dengan Harvey. Selain itu, Sandra dan Harvey sendiri juga memiliki perjanjian pisah harta sebelum keduanya resmi menikah, sehingga toko emas tersebut merupakan harta kekayaan milik Sandra.

Sumber: Jatim Tribun News

Kabar terakhir, Sandra Dewi telah menjalani pemeriksaan untuk kedua kalinya sebagai saksi. Dalam pemeriksaan tersebut, Kejagung juga telah menelusuri harta kekayaan Harvey Moeis dan Sandra Dewi.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @BADBOYSCAM merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://jatim.tribunnews.com/2024/05/18/toko-emas-sandra-dewi-lolos-penyitaan-terkait-kasus-korupsi-harvey-moeis-kuasa-hukum-pisah-harta
https://news.detik.com/berita/d-7340590/sandra-dewi-diam-diam-penuhi-panggilan-kejagung-sudah-di-ruang-pemeriksaan