[SALAH] Rhoma Irama Meninggal Dunia

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, kabar tersebut tidak benar. Rhoma Irama masih aktif bermedia sosial, dilihat dari postingan di akun Instagramnya @rhoma_official. Selain itu, Rhoma masih aktif mengisi podcast di akun Youtube miliknya, Rhoma Irama Official. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————–

KATEGORI: KONTEN PALSU
Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan.
————————————————————–
NARASI:
Innalilahi waina ilaihi rojiun
“Dunia dangdut kehilangan”

Selamat jalan Roma
Dunia hiburan Indonesia Kembali berduka, Rhoma Irama telah tertembak didepan rumahnya sendiri. Kawanan perampok yang berhasil masuk rumah kemudian kepergok langsung melepaskan 3 kali tembakan. Sebutir peluru tepat mengenai kepala & dua butir menembus dadanya. Akibat tembakan tersebut, Rhoma  diperkirakan meninggal dunia di TKP.

SUMBER: https://vt.tiktok.com/ZSYLG81gA  / https://archive.md/VVCKQ


————————————————————–

PENJELASAN:
Beredar sebuah video yang menampilkan tangkapan layar informasi mengenai meninggalnya raja dangdut Indonesia, Rhoma Irama. Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok dengan nama @ady.cahya01011.

Setelah dilakukan penelusuran melalui akun-akun media sosial resmi Rhoma Irama, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim tersebut.

Selain itu, Rhoma Irama diketahui masih aktif mengisi podcast melalui akun Youtube miliknya, Rhoma Irama Official.

Informasi mengenai meninggalnya Rhoma Irama telah beredar sejak tahun 2022. Saat itu tim Cek Fakta Kompas.com melakukan konfirmasi melalui manager Rhoma Irama, Bima. Ia membantah kabar yang menyebutkan Rhoma Irama meninggal dunia. Bima menegaskan bahwa kabar tersebut adalah berita yang tidak benar dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

 “Berita bohong dan tidak bertanggung jawab,” kata Bima, Rabu (2/3/2022), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Adapun kasus perampokan studio milik Rhoma Irama pernah terjadi pada Maret 2018 silam. Pada saat itu terjadi penembakan dari pelaku perampokan yang mengarah ke  tembok, beruntungnya pada saat itu tidak ada korban jiwa.

Dengan demikian, klaim dalam video tersebut bahwa pedangdut senior Rhoma Irama meninggal dunia, tidak benar.
————————————————————
REFERENSI:


(1)    https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/02/111704182/hoaks-pedangdut-rhoma-irama-meninggal-dunia
(2)    https://news.solopos.com/studio-rhoma-irama-ditembak-ada-yang-aneh-899926