[SALAH] Perjuangan Siswa Berangkat Sekolah Ditengah Proyek IKN dan Kereta Cepat

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Terdapat disinformasi dari cuplikan video tersebut. Beberapa cuplikan bukan fenomena yang terjadi di Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah video oleh akun Instagram milik @wiwierwinew yang menujukan perjuangan sejumlah siswa untuk menuju ke sekolah. Dengan narasi yang dituliskan pada video, kondisi tersebut tampak miris ditengah pembangunan IKN dan kereta cepat.

NARASI:
Mereka membangun istana megah di IKN dan kereta cepat, sementara di sana masih ada yang berjuang untuk sekolah. Memasukan anaknya ke kantong plastik demi bisa sampai ke sekolah.

Sumber: Instagram https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/Siswa.pdf Arsip
==========

PENJELASAN:
Pada video yang ditampilkan, merupakan cuplikan dari berbagai sumber yang dipotomg dan dijadikan dalam 1 video. Setelah ditelusui lebih lanjut, beberapa cuplikan terdapat disinformasi.

Pada video pertama siswa yang menyeberangi  jembatan gantung merupakan jembatan yang ada di Ciwaru yang terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Jembatan tersebut telah diresmikan pada tahun 2021 oleh Lembaga Hilal Ahmar (Bulan Sabit Merah) Uni Emirat Arab (UEA). Peresmian tersebut jauh lebih dulu dilakukan sebelum adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Cuplikan berikutnya juga menampilkan seorang pria yang membantu siswa menyeberangi sungai dengan cara dibungkus. Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan warga di desa Huoi Ha, Provinsi Dien Bien, Vietnam, ketika musim hujan tiba. Selain itu, video yang memperlihatkan sekelompok siswa mendaki bukit merupakan warga di Desa Atuler, Provinsi Sichuan, China untuk berangkat dan pulang sekolah, yaitu dengan memanjat tebing setinggi 800 meter. Sehingga pada dua cuplikan tersebut tidak ada kaitannya dengan pembangunan IKN dan kereta cepat di Indonesia.

Dengan demikian, video perjuangan siswa berangkat sekolah ditengah proyek IKN dan kereta cepat adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://money.kompas.com/read/2021/04/24/171800526/uea-bangun-jembatan-gantung-di-lebak-banten
https://suar.grid.id/read/201764691/viral-foto-foto-pria-seberangkan-anak-anak-di-sungai-pakai-plastik-demi-bisa-pergi-ke-sekolah?page=all
https://www.liputan6.com/global/read/2517192/anak-anak-ini-panjat-tebing-curam-setinggi-800-meter-demi-sekolah
https://www.youtube.com/watch?v=uFtDzdPPrLU