[SALAH] Anies Baswedan Hadiri Pernikahan Rizky Febian-Mahalini

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Anies Baswedan bersama sang istri mendatangi pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, foto yang diklaim pada unggahan merupakan penampilan Anies dan Fery dalam acara akad nikah sang putri sulung.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/zs0fce13RNs (YouTube)

=======

[NARASI]: “Peristiwa Tak Terduga: Anis Baswedan di Resepsi Pernikahan dan mahalini | ANIS BASWEDAN HADIR DI ACARA RESEPSI PERNIKAHAN RIZKY DAN MAHALINI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @KANINTERTAINMENT pada 11 Mei 2024 mengunggah video yang mengklaim bahwa Anies Baswedan bersama sang istri mendatangi acara pernikahan putra sulung komedian Sule, Rizky Febian dan Mahalini Raharja.

Setelah ditelusuri menggunakan Google Lens, faktanya foto Anies Baswedan dan Fery Farhati yang digunakan pada thumbnail unggahan merupakan penampilan keduanya di acara akad nikah sang putri sulung, Mutiara Annisa Baswedan.

Sumber: Jakarta Tribun News

Diketahui bahwa Mutiara resmi dipersunting oleh Ali Saleh Alhuraebi pada 29 Juli 2022. Dalam momen akad nikah, Anies nampak mengenakan beskap dan kopiah berwarna hitam, sedangkan Fery mengenakan kebaya dan kerudung berwarna krem yang dibalut dengan kain cokelat.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai Anies Baswedan bersama sang istri yang menghadiri pernikahan Rizky Febian dan Mahalini.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @KANINTERTAINMENT merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://jakarta.tribunnews.com/2022/07/29/tampilan-anies-baswedan-di-pernikahan-putrinya-pagi-pakai-rantai-beskap-malamnya-gagah-blangkonan?page=all
https://www.instagram.com/p/ChB1cSCri02/?igsh=NHI2d2V6dG0zbmNn