[SALAH] Tsunami di Maluku pada 17 Mei 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya Tsunami di Pulau Maluku.  

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/Q2owaRqIb_8 (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~TAK TERTOLONG 12 WILAYAH PESISIR TAMAT, TSUNAMI TERJADI DI PULAU MALUKU HARI INI”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 17 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah Tsunami di Pulau Maluku.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BPTD mengenai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang dan badai petir. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Meski Relatif Sedang, BPTD Maluku Imbau Warga Tetap Waspada Gelombang” yang diterbitkan oleh Tribun Ambon.

Mengutip dari Tribun Ambon, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Provinsi Maluku mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem meskipun kondisi gelombang dilaporkan relatif sedang. Oleh karena itu, masyarakat yang beraktivitas di pesisir dan pelaut, untuk selalu memantau perkembangan cuaca dari sumber resmi seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon. Masyarakat diharapkan dapat mengikuti informasi cuaca terkini melalui aplikasi atau situs web BMKG serta media sosial resmi BPTD Maluku.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya Tsunami di Pulau Maluku.

===========

 [REFERENSI] :

https://ambon.tribunnews.com/2024/05/16/meski-relatif-sedang-bptd-maluku-imbau-warga-tetap-waspada-gelombang