[SALAH] Rusia Akan Menjadi Sekutu Yaman

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video mengenai Putin mengumumkan akan bersekutu dengan Yaman adalah tidak benar, video telah dimanipulasi dengan memberi takarir yang berbeda. 
=====    

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/HLpqn
=====    

Narasi   
Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan ia akan bersatu dengan Yaman di masa depan, karena Yaman telah menjadi kekuatan yang tak terkalahkan. 
Apakah Arab Saudi dan UEA mengerti apa yang dimaksud dari pernyataan ini? 


=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Kompas.com
Akun facebook Mael Smile telah mengunggah video mengenai Vladimir Putin, Presiden Rusia yang sedang berpidato. Dalam pidato tersebut terdapat takarir yang diartikan bahwa Putin sedang membahas hubungan Rusia dengan Yaman, dan mengatakan bahwa Rusia akan segera bersekutu dengan Yaman. 

Dilansir dalam Kompas.com, Tim Pemeriksa Fakta Kompas telah mencari video identik dengan video unggahan tersebut, video identik ditemukan pada unggahan kanal youtube 24.7 fox tv media pada 21 Maret 2024. Kemudian terdapat transkrip pidato putin dalam kanal berita en.kremlin.ru

Dalam pidatonya, Putin memberikan ucapan terima kasih kepada warga Rusia yang telah berpartisipasi dalam pemilihan presiden.  Menurut nya, setiap kandidat memiliki pendekatan yang berbeda dalam menangani isu-isu tertentu. Putin mengaku akan mempertimbangkan ide konstruktif dalam membangun negara.  Ia juga berterima kasih karena kembali dipercaya sebagai Presiden Rusia. Pidato tersebut dikatakan oleh Putin setelah memenangkan pemilihan presiden dengan perolehan suara 87,3 persen.

Sehingga, video mengenai Putin mengumumkan akan bersekutu dengan Yaman adalah tidak benar, video telah dimanipulasi dengan memberi takarir yang berbeda. Pada video pidato asli Putin sedang memberikan pidato ucapan terima kasih dan visi misinya karena telah terpilih menjadi Presiden Rusia.
=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/16/185900082/-hoaks-video-vladimir-putin-umumkan-rusia-akan-bersatu-dengan-yaman