[SALAH] Harimau Sumatera Mati Tertabrak Mobil di Tol Pekanbaru-Dumai

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya kejadian harimau mati tertabrak mobil tersebut terjadi di Malaysia tepatnya di daerah Lebuhraya Pantai Timur (LPT) kilometer 50.8 arah Kuala Lumpur. Manajer Cabang Tol Pekanbaru-Dumai, Jarot Seno Wibawa, juga menyampaikan jika video harimau mati itu bukan berlokasi di ruas Tol Pekanbaru-Dumai.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/xcGZ4

===========

[NARASI]: Harimau Sumatera Tertabrak Di Tol Dumai Pekanbaru Ruas Minas

===========

[PENJELASAN]:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar unggahan video pendek di Facebook menampilkan seekor harimau yang mati tergeletak di tengah jalan. Video tersebut disertai dengan narasi bahwa harimau tersebut mati tertabrak oleh mobil di tol Pekanbaru-Dumai.

Berdasarkan dari hasil temuan Kompas, ditemukan sebuah video Tiktok dari akun @sinarharianonline yang mana pada mengunggah video serupa mengenai adanya harimau yang mati tertabrak mobil.

Pada bagian caption video Tiktok tersebut tertera penjelasan jika kejadian tersebut terjadi di Malaysia tepatnya di daerah Lebuhraya Pantai Timur (LPT) kilometer 50.8 arah Kuala Lumpur, pada tanggal 16 Mei 2024.

Selain itu dilansir dari situs Mediacenter.riau.go.id, Manajer Cabang Tol Pekanbaru-Dumai, Jarot Seno Wibawa, menyampaikan jika video harimau mati bukan berlokasi di ruas Tol Pekanbaru-Dumai.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/18/144100582/-hoaks-harimau-mati-tertabrak-kendaraan-di-tol-pekanbaru-dumai

https://www.tiktok.com/@sinarharianonline/video/7369476015917174023

https://mediacenter.riau.go.id/read/85454/seekor-harimau-mati-tertabrak-di-tol-permai-h.html