[PENIPUAN] Prabowo Berbagi Speaker Bluetooth Sebagai Rasa Syukur Menang Pilpres

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut merupakan hasil editan mengubah suara memakai teknologi AI, sehingga seakan-akan Prabowo benar berbicara mengenai pemberian speaker bluetooth atas bentuk syukur menang di Pilpres 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/VDrr3 (arsip)

===========

[NARASI]: ATAS RASA SYUKUR PRABOWO BAGI-BAGI SPEAKER BLUETOOTH UNTUK RAKYAT

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video yang diunggah di Tiktok membagikan sebuah video yang mengklaim jika Prabowo Subianto akan membagikan speaker bluetooth dalam rangka syukuran atas kemenangannya dalam Pilpres 2024 ini.

Unggahan tersebut menampilkan video Prabowo yang nampak sedang berdiri di mimbar Partai PAN menjelaskan jika dirinya dan Gibran akan membagikan speaker bluetooth setelah pengumuman hasil Pilpres kemarin.

Dengan menggunakan pencarian gambar Google Lens, ditemukan hasil jika video tersebut berasal dari video berjudul “Prabowo Kembali Singgung Nilai 11 dari Anies saat Beri Sambutan di Acara Bukber Bersama PAN” yang diunggah oleh channel Youtube KompasTV.

Video tersebut merupakan momen ketika Prabowo sedang menghadiri dan memberi sambutan dalam acara buka bersama Partai PAN. Hingga akhir video tidak ditemukan pernyataan Prabowo seperti yang ada di video yang beredar di Tiktok tersebut.

Melalui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika konten Prabowo menjanjikan speaker bluetooth gratis setelah menang Pilpres adalah klaim yang tidak benar. Video tersebut merupakan hasil editan dengan AI untuk merubah suara agar terdengar mirip dengan suara Prabowo.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=Tuoj455H4jA