[SALAH] Gelombang Tinggi 23 Meter Terjang Selat Sunda pada 15 Mei 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang tinggi 23 meter yang menerjang Selat Sunda. 

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/jaL1fwEbR1c   (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~SELAT SUNDA TELAN KORBAN JIWA,HARI INI MENGAMUK TINGGI 23 METER BAK TSUNAMI RAKSASA”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah klaim di Youtube pada 15 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi gelombang tinggi 23 meter yang menerjang Selat Sunda.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BMKG mengenai potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 meter di Selat Sunda hingga Selat Bali. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “BMKG: Waspada Gelombang Tinggi 2,5 Meter di Selat Sunda Hingga Selat Bali” yang diterbitkan oleh Tempo.

Mengutip dari Tempo, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 15-16 Mei 2024. Oleh karena itu masyarakat  yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang tinggi 23 meter yang menerjang Selat Sunda. 

===========

 [REFERENSI] :

https://tekno.tempo.co/read/1868035/bmkg-waspada-gelombang-tinggi-25-meter-di-selat-sunda-hingga-selat-bali