[SALAH] Video Penemuan Spesies Ikan Terbaru Berwajah Seperti Manusia di Danau Samsara, Karanji, Mesir

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan hasil buatan AI, selain itu tidak ditemukan adanya Danau Samsara ataupun wilayah bernama Karanji yang diklaim berada di Mesir. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: WhatsApp

https://bit.ly/3WBccLE

Arsip video: https://bit.ly/4dDWqpn

= = =

Narasi:

“Kebesaran Allaah SWT. Ma Sya Allaah, di wilayah tropis terpencil Karanji/Mesir terdapat sebuah Danau yang bernama *Danau Samsara* Salah satu danau Sumber Tropis di Sungai Nil. Baru-baru ini ditemukan Sebuah Spesies Ikan yang Aneh yang bentuk Fisik mukanya Menyerupai Wajah Manusia yang Membuat Para ilmuwan Peneliti Perairan Bingung dan Heran dengan Penemuan yang…..*LUAR BIASA*…Sungguh Allaah SWT  Maha Besar dengan Segala CiptaanNya..:flushed::flushed: “

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah pesan di WhatsApp yang menginformasikan bahwa ditemukan ikan spesies baru dengan wajah yang menyerupai manusia di Danau Samsara yang berada wilayah tropis terpencil di Karanji, Mesir. Dalam pesan tersebut juga menyertakan video dan jenis ikan tersebut diberi nama Homo Piscis.

Namun setelah ditelusuri dengan mesin pencarian Google terkait spesies ikan Homo Piscis, faktanya klaim tersebut palsu. Beberapa media asing seperti Fact Crescendo, Sportskeeda, dan Factly menyebut bahwa video ikan berwajah mirip manusia tersebut merupakan hasil buatan AI.

Penelusuran tempat terkait Danau Samsara hingga wilayah bernama Karanji faktanya hanya klaim fiktif belaka, tidak ditemukan sumber yang mendasar terkait keberadaan tempat tersebut. Dilansir dari Factly pada video YouTubenya, ditemukan danau bernama Karanji di Mysuru, Karnataka, India, namun tidak ada laporan berita mengenai penemuan ikan spesies baru tersebut.

Dengan demikian, video penemuan ikan spesies baru berwajah manusia adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://srilanka.factcrescendo.com/english/ai-generated-images-used-in-the-fictional-story-of-human-faced-fish-in-lake-samsara/

https://www.sportskeeda.com/pop-culture/fact-check-is-homo-piscis-fish-real-fake-story-behind-human-faced-fish-explored

= = =