[SALAH] Penemuan Buaya di Pelabuhan Paotere Makassar

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Informasi penemuan buaya di pelabuhan Paotere Makassar tidak benar. Faktanya, buaya tersebut ditemukan Pulau Sumangga Desa Balo Baloang, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Setelah berhasil diamankan warga dan diserahkan ke Polsek Liukang Tangaya. Buaya tersebut kemudian diserahkan ke BB KSDA Sulsel di Pelabuhan Paotere Makassar.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konteks yang salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://web.archive.org/web/20240511051248/http://web.archive.org/screenshot/https://web.facebook.com/reel/814031493482790

= = = = =

NARASI:
“Hati2 buat warga Paotere ditemukan buaya di tanggul pelabuhan Paotere Makassar”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Ilham Ilham Ilo memposting sebuah video reel yang menunjukan beberapa orang yang sedang mengerumuni seekor buaya. Kondisi buaya tersebut sudah terikat. Pada keterangan postingan tersebut terdapat informasi bahwa buaya ditemukan di tanggul pelabuhan Paotere Makassar. Berikut keterangan lengkapnya “Hati2 buat warga Paotere ditemukan buaya di tanggul pelabuhan Paotere Makassar”.

Setelah ditelusuri pada tanggal 11 Mei 2024 menggunakan kata kunci “penemuan buaya di pelabuhan Paotere” ditemukan informasi pada artikel suara.com berjudul “Cek Fakta: Buaya Ditemukan di Pelabuhan Paotere Makassar” Kamis, 9 Mei 2024 pukul 09.29 WIB. Berdasarkan artikel tersebut, buaya yang ditangkap jenis buaya muara (Crocodylus porosus) ditemukan di Pulau Sumangga Desa Balo Baloang, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Penemuan tersebut awalnya dari laporan warga setempat pada Rabu 5 Mei 2024 sekitar pukul 11.00 WITA.

Setelah diamankan, buaya dengan panjang 245 cm (panjang badan 115 cm dan panjang ekor 130 cm) tersebut diserahkan warga setempat ke pihak Polsek Liukang Tangaya. Setelah itu Polsek Liukang Tangaya dan Polisi Perairan Udara (Polariud) membawa buaya ke Pelabuhan Paotere Makassar untuk diserahkan kepada BB KSDA Sulsel.

Dengan demikian informasi penemuan buaya di pelabuhan Paotere Makassar tidak benar. Buaya tersebut ditemukan Pulau Sumangga Desa Balo Baloang, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Setelah berhasil diamankan warga dan diserahkan ke Polsek Liukang Tangaya. Buaya tersebut kemudian diserahkan ke BB KSDA Sulsel di Pelabuhan Paotere Makassar, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.suara.com/news/2024/05/09/092913/cek-fakta-buaya-ditemukan-di-pelabuhan-paotere-makassar
https://ksdasulsel.menlhk.go.id/post/362/evakuasi-buaya-muara-dari-pulau-sumanga-kabupaten-pangkep