[SALAH] Video Seseorang Kibarkan Bendera Palestina di Puncak Piramida Mesir

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video seorang pendukung Palestina yang berada di puncak Piramida tersebut merupakan hasil rekayasa visual 3D saja yang dibuat oleh akun Tiktok @100.pixels.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/4j1Id 

===========

[NARASI]: pengibaran bendera Palestina dibagian paling ata pyramid di Mesir

===========

[PENJELASAN]:

Beredar video yang nampak sedang direkam dari helikopter sedang menyorot ke arah puncak sebuah Piramida di Mesir, dari kejauhan terlihat seperti ada seseorang yang membawa bendera Palestina dan bendera Mesir.

Untuk memastikan kebenaran dari video, dilakukan pencarian di Google menggunakan keyword “Palestine flag pyramid” ditemukan sebuah artikel dari AFP yang juga membahas temuan serupa.

Berdasarkan penjelasan dari AFP, disebutkan jika video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Tiktok @100.pixels. Mostafa Eldiasty adalah sosok yang memegang akun tersebut, dalam akun Instagram miliknya (@100.pixels) ia juga mendeskripsikan dirinya sebagai seorang animator 3D.

Dalam sosial medianya ia sudah mengunggah banyak video hasil karya efek visual miliknya dan salah satunya adalah video yang beredar mengenai seseorang yang mengibarkan bendera Palestina dan Mesir di puncak Piramida.

Berdasarkan temuan tersebut maka dapat dipastikan jika video yang memperlihatkan seorang pendukung Palestina berada di puncak Piramida tersebut merupakan hasil rekayasa visual saja.

===========

 [REFERENSI] :

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34PX8RG

https://www.tiktok.com/@100.pixels/video/7357317474901085446?is_from_webapp=1&web_id=7145880540590884394

https://www.instagram.com/100.pixels/