[SALAH] SURAT REKRUTMEN KERJA OLEH PT KAI PERIODE MEI 2024

Surat tersebut PALSU. Hal ini telah diklarifikasi langsung oleh pihak PT KAI.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR SURAT

===

NARASI:

Kepada

Yth. Para Peserta Tahapan Seleksi Rekrutmen Karyawan

PT.KERETA API INDONESIA (Persero)

Di – tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan proses rekrutmen calon karyawan PT.KERETA API INDONESIA (Persero) diharapkan kehadiran bagi peserta yang memenuhi syarat & kualifikasi untuk mengikuti tahapan seleksi yang akan diadakan sesuai dengan jadwal sebagai berikut:

Hari/Tanggal : Selasa 07 Mei – Rabu 08 Mei

Tempat : Kantor Pusat PK.KAI

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No.1 Bandung

Mengingat pentingnya tahapan tersebut diatas maka Calon karyawan tidak boleh di wakili oleh siapapun dan apabila tidak mengikuti tahapan tersebut sesuai jadwal yang ditentukan maka Calon karyawan dinyatakan gugur atau mengundurkan diri. Adapun lokasi Interview tidak mutlak menjadi lokasi kerja. Berhubung banyaknya posisi yang kosong di setiap cabang stasiun,maka lokasi kerja tergantung domisili pelamar (apabila masih ada posisi yang tersedia).

Demikian kiranya penyampaikan ini kami buat, atas perhatiannya dan kerjasamanya kami upcapkan terima kasih.

===

PENJELASAN: Beredar sebuah tangkapan layar surat rekrutmen yang mencatut nama PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pada surat tersebut terdapat narasi yang menjelaskan seputar jadwal yang harus diikuti oleh para pelamar kerja. Disebutkan bahwa calon pekerja diharapkan hadir pada tanggal 7 dan 8 Mei 2024 di tempat yang telah ditentukan oleh PT KAI.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui jika surat tersebut merupakan surat palsu. Melansir dari idxchannel.com, PT KAI melalui VP Public Relations KAI, Joni Martinus menegaskan jika surat tersebut HOAKS. Joni bahkan mengimbau masyarakat agar senantiasa berhati-hati terhadap segala jenis informasi yang mencatut nama PT KAI, dan mencari informasi seputar PT KAI melalui situs-situs resmi.

“Kami menyayangkan aksi tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan rekrutmen KAI. Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen ataupun undangan melakukan seleksi dengan persyaratan tambahan seperti penyediaan akomodasi dan transportasi,” tegas Joni.

Berdasar seluruh referensi diketahui jika surat perihal rekrutmen kerja oleh PT KAI tidak benar. Surat tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

Artikel ini disadur dari idxchannel.com.

===

REFERENSI:

https://www.idxchannel.com/milenomic/awas-penipuan-berkedok-undangan-interview-rekrutmen-kai
https://www.instagram.com/keretaapikita/
https://www.instagram.com/kai121_/