[SALAH] Raffi Ahmad Berbagi Jam Tangan sebagai Perayaan Kemenangan Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta Panji

Tidak benar bahwa Raffi Ahmad memberikan jam tangan mewah jika Prabowo menang, video tersebut sudah dimanipulasi menggunakan AI agar suara Raffi Ahmad terdengar mirip dengan aslinya.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/kuBjj (arsip)

===========

[NARASI]: “SPECIAL KEMENANGAN PRESIDEN 2024 PRABOWO GIBRAN SULTAN ANDARA BAGI BAGI JAM TANGAN”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Tiktok bahwa Raffi Ahmad mengatakan jika dia dan timnya akan membagikan jam tangan mewah dengan harga Rp30.000 saja, hal ini dilakukan dalam rangka merayakan kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 ini.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar dengan menggunakan situs pencarian gambar, Yandex.com, ditemukan hasil jika video Raffi Ahmad tersebut berasal dari Youtube CNBC Indonesia dengan judul video “Prabowo Dikunjungi Cipung, Rafi Dan Gigi”. 

Dalam video tersebut Raffi dan anak istrinya sedang mengunjungi Prabowo di Kantor Kemenhan pada 30 November 2023 lalu.

Potongan video yang disebarkan oleh akun Tiktok tersebut dapat kita lihat pada detik 0:46, pada momen tersebut rupanya Raffi membahas mengenai pendapatnya dengan fenomena “joget gemoy”.

Hingga akhir video tidak ada perkataan Raffi mengenai pemberian giveaway jam tangan mewah apapun jika paslon 2 menang, sehingga dapat disimpulkan jika video yang beredar tersebut sudah diedit dengan AI sehingga suara Raffi Ahmad terdengar cukup mirip dengan suara aslinya.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=AyRjeDFALKw