[SALAH] EMAIL IMBAUAN VERIFIKASI DATA PENGGUNA OLEH SATUSEHAT

Email tersebut PALSU. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui kemkes.go.id menyatakan jika tidak benar pihaknya telah mengirim email seperti halnya yang tengah beredar.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR EMAIL

===

NARASI:

Kepada Pengguna Aplikasi Satu Sehat

Kami dari tim Satu Sehat ingin memberitahukan bahwa ada perubahan penting dalam aplikasi kami yang memerlukan verifikasi data pengguna. Kami bekerjasama dengan perusahaan anda dalam memberikan informasi ini. Kami meminta pengguna satu sehat untuk segera melakukan verifikasi dengan mengunjungi website kami di www.satusehat.update.go.idn atau dapat mengklik tautan ini: Update Account

Mohon untuk segera melakukan tindakan ini untuk memastikan kelancaran penggunaan aplikasi Satu Sehat dalam perihal:

klaim kesehatan ataupun riwayat data kesehatan.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Salam,

Tim Satu Sehat

===

PENJELASAN: Beredar informasi yang mengatasnamakan SATUSEHAT Kemenkes RI, dengan narasi yang meminta para pengguna Aplikasi SATUSEHAT mengklik tautan dan berkunjung ke situs yang telah disematkan pada badan email. Disebutkan pula pada narasi agar pengguna aplikasi bisa segera melakukan tindakan tersebut demi kelancaran penggunaan aplikasi.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui jika informasi tersebut tidak benar. Melansir dari kemke.go.id, Staf Ahli Bidang Teknologi Keseehatan sekaligus Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Setiaji mengajak seluruh pihak agar waspada terhadap berbagai praktik kejahatan siber yang dapat mengganggu pemanfaatan program transformasi digital kesehatan.

“Saya mengimbau kepada fasyankes dan masyarakat secara umum untuk tidak mengakses link (tautan) yang dianggap mencurigakan, termasuk memberikan informasi pribadi melalui email maupun kanal komunikasi lainnya,” kata Setiaji.

Setiaji juga menambahkan jika setiap situs web maupun email yang terafiliasi resmi dengan Kemenkes RI hanya menggunakan domain kemkes.go.id. Sementara untuk akun media sosial resmi, baik Instagram maupun X masing-masing memiliki tanda verifikasi dengan centang biru di setiap profilnya.

Berdasar seluruh referensi, Email imbauan verifikasi data oleh satusehat Kemenkes RI adalah tidak benar. Email tersebut masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

Artikel ini disadur dari kemkes.go.id.

===

REFERENSI:

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20240430/5645386/waspada-email-phishing-mengatasnamakan-satusehat/