[SALAH] PERJANJIAN BUSUK JOKOWI DAN HAKIM DIBALIK PUTUSAN MK TERBONGKAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/SQF8-UX7D (Youtube)

=======

[NARASI]:
Terbongkar ke publikBeginilah perjanjian busuk jkw & hakim dibalik putusan mk

KESEPAKATAN BUSUK TERBONGKAR
PARTAI& PERJANJIAN JKW DIBALIK PUTUSAN MK

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan perjanjian busuk Jokowi dan hakim dibalik putusan Mahkamah Kosntitusi (MK) terbongkar beredar dari channel youtube bernama REDAKSI TV pada 11 Mei 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu dan tidak mendukung klaim narasi yang beredar.

Thumbnail video yang menampilkan presenter wanita dengan tulisan your money your vote di belakangnya tersebut merujuk ke salah satu video yang dimuat oleh channel youtube resmi CNBC Indonesia berjudul “Ini Dia! 5 Partai Dengan Perolehan Suara Terbesar” yang tayang pada 4 Maret 2024.

Dengan demikian, narasi dengan klaim perjanjian busuk Jokowi dan hakim putusan MK terbongkar tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=rNE7NvwrY64&list=PL6AvcoOqxSUYeUdBLABNrOkpRZLgle0i8&index=228&ab_channel=CNBCIndonesia