[SALAH] Lagu Iwan Fals Berjudul Dinasti Jokowi

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video asli diunggah pada April 2018, oleh akun YouTube “Deppo Koplo” dengan judul unggahan “IWAN FALS – Galang Rambu Anarki ( Live Di Bebek Bali )”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten dimanipulasi

Beredar sebuah video oleh akun TikTokĀ @anam.santri.etan.kakbah pada 9 Mei 2024. Video tersebut memperlihatkan konser Iwan Fals yang sedang menyanyi di panggung, lirik yang dinyanyikan oleh Iwan Fals tersebut berjudul “Dinasti Jokowi”. Hingga artikel ini dimuat, video tersebut sudah lebih dari 400 ribu kali dengan jumlah komentar lebih dari 1000.

Sumber: TikTok https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/Iwan-Fals-Jokowi.pdf Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut diunggah pertama oleh akun YouTube @Studio Musik Rock Ciamis dan diunggah ulang di media sosial lain. Tak sedikit warga net yang turut mengomentari dan mempercayai lagu tersebut asli dinyanyikan oleh Iwan Fals.

Iwan Fals, merupakan seorang legenda musik Indonesia yang telah menciptakan banyak lagu yang membahas isu-isu politik dan sosial di masyarakat. Lewat lagu lagunya Iwan Fals berusaha menyuarakan apa yang selama ini terjadi di masyarakat. Namun moment tersebut disalahgunakan oleh oktum yang tidak bertanggung jawab.

Video asli yang menampilkan Iwan Fals sedang bernyanyi di video tersebut diambil pada April 2018, oleh akun YouTube “Deppo Koplo” dengan judul unggahan “IWAN FALS – Galang Rambu Anarki ( Live Di Bebek Bali )”. Lagu yang dinyanyikan memang menggunakan musik yang sama, hanya saja judul serta lirik yang diubah dengan suara yang diedit menggunakan AI sehingga terkesan asli. Sedangkan Joko Widodo dilantik menjadi presiden Indonesia pada tahun 2019, sesudah live music tersebut diunggah di YouTube pada tahun 2018.

Dengan demikian, lagu Iwan Fals berjudul Dinasti Jokowi adalah tidak benar, sehingga termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://youtu.be/eAlZitHfiIY?si=XpZRHtllg7KMvcRs