[SALAH] 2 Kabupaten di Jawa Timur Ringsek Karena Gelombang Hebat

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang besar yang mengobrak-abrik 2 kabupaten di wilayah Jawa Timur hingga ringsek. 

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/Na74Pf5gD1A  (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~JATIM MENGENASKAN..2 KABUPATEN RINGSEP DI OBRAK ABRIK GELOMBANG HEBAT 12-05-2024”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah klaim di Youtube pada 12 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi gelombang besar yang mengobrak-abrik 2 kabupaten di wilayah Jawa Timur hingga ringsek.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BMKG mengenai potensi gelombang tinggi 0,5-2,5 meter hingga tiga hari kedepan, sehingga nelayan di Jawa Timur dihimbau untuk tidak pergi melaut. Narato hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Waspada Gelombang Tinggi 2,5 Meter, BMKG Imbau Nelayan Jatim Tak Melaut” yang diterbitkan oleh detikjatim.

Mengutip dari detikjatim, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya Sutarno mengatakan, peringatan gelombang tinggi di perairan Jawa Timur berlaku mulai 9-13 Maret 2024. Nelayan diimbau tidak melaut sementara waktu karena dapat mengancam jiwa.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang besar yang mengobrak-abrik 2 kabupaten di wilayah Jawa Timur hingga ringsek. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7234647/waspada-gelombang-tinggi-2-5-meter-bmkg-imbau-nelayan-jatim-tak-melaut