[SALAH]: “Yaman luncurkan rudal jarak jauh ke Israel”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya kejadian tersebut merupakan serangan rudal yang diluncurkan oleh Rusia yang mengakibatkan gudang perusahaan logistik terbesar di Ukraina, Nova Poshta mengalami kebakaran hebat.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://ghostarchive.org/archive/Gnz1B

=====

[NARASI]: Yaman meluncurkan rudal jarak jauh ke Israel. Israel mengetahui peluncuran rudal tersebut & dgn cepat mengacaukan sistem GPS serta mengalihkan tujuannya. Akhirnya rudal yang diluncurkan dari Yaman melenceng menuju Irak & menghantam depot senjata milisi Syiah di Irak.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “@ProfOnline_id” yang mengunggah foto dengan narasi Yaman luncurkan rudal jarak jauh ke Israel.

Setelah melakukan penelusuran, faktanya kejadian tersebut merupakan serangan rudal yang diluncurkan oleh Rusia yang mengakibatkan gudang perusahaan logistik terbesar di Ukraina, Nova Poshta mengalami kebakaran hebat.

Nova Poshta sendiri merupakan salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Ukraina dengan cabang di sejumlah negara. Serangan ini terjadi hanya beberapa hari setelah serangan Rusia lainnya di Odesa pada Senin (30/4/2024).

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang Yaman luncurkan rudal jarak jauh ke Israel adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.beritasatu.com/internasional/2814345/rudal-rusia-hancurkan-gudang-ekspedisi-terbesar-di-ukraina