[SALAH] Video Gas LPG 3 Kg Mengeluarkan Air

Hasil periksa fakta Panji

LPG adalah singkatan dari liquefied petroleum gas, dengan demikian isi yang ada di dalam tabung LPG tersebut merupakan gas yang sudah dipadatkan hingga berbentuk cair.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/AdfLQ (arsip)

===========

[NARASI]: WASPADA

Beli gas isi gas❌

Beli gas isi air✅

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video pendek di Facebook seorang ibu-ibu merekam gas LPG 3 kg yang sedang ia balik untuk mengeluarkan isi di dalam gasnya. Ibu tersebut juga menjelaskan jika dirinya merasa ditipu karena gas yang ia beli berisi “air”.

Menurut Wikipedia, LPG adalah singkatan dari liquefied petroleum gas, dengan demikian isi yang ada di dalam tabung LPG tersebut merupakan gas yang sudah dipadatkan hingga berbentuk cair (liquid) yang juga dikenal sebagai gas minyak cair.

Dilansir dari Kompas.com, pihak Pertamina melalui Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, juga menjelaskan jika isi tabung LPG memang merupakan zat cair seperti air.

Berdasarkan penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang mengatakan bahwa gas LPG tersebut sudah dioplos dengan air adalah salah, karena faktanya LPG memang merupakan gas minyak cair.

===========

 [REFERENSI] :

https://id.wikipedia.org/wiki/Gas_minyak_cair

https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/11/210000465/ramai-soal-elpiji-3-kg-disebut-berisi-air-pertamina–sesuai-namanya?page=all