[SALAH] Video Aceh Mengibarkan Bendera GAM Seusai Prabowo Diresmikan MK

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video pengibaran bendera GAM tersebut merupakan upacara peringatan hari ulang tahun atau milad ke-47 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 4 Desember 2023 yang lalu, tidak ada kaitannya dengan hasil Pilpres 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/9uaDmxqtRcc (arsip)

===========

[NARASI]:

MK menangkan PraGib,Aceh kibarkan bndera GAM & lgsg keluar dr Indonesia.??😳🤷‍♂️

===========

[PENJELASAN]: 

Menyadur dari IDN Times.

Beredar sebuah video di Youtube yang memperlihatkan upacara pengibaran bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM), video tersebut juga disertai dengan narasi bahwa hal tersebut terjadi setelah Prabowo diresmikan oleh MK.

Berdasarkan dari IDN, upacara pengibaran tersebut merupakan upacara peringatan hari ulang tahun atau milad ke-47 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Lapangan Sirong di depan Cluster 1 PT Pema Global Energi (PGE) Kabupaten Aceh Utara, 4 Desember 2023 lalu.

Video pengibaran bendera GAM tersebut juga dapat kita lihat di channel Youtube tvOneNews dengan judul video “Diiringi Azan, Bendera Bulan Bintang Berkibar saat Perayaan HUT GAM | tvOne Minute”.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan jika video pengibaran bendera GAM tersebut tidak terjadi jauh sebelum peresmian Prabowo oleh MK, sehingga tidak ada kaitannya apapun dengan Pilpres 2024.

===========

 [REFERENSI] :

https://sumut.idntimes.com/hype/viral/muhammad-saifullah-3/cek-fakta-video-pengibaran-bendera-gam-usai-mk-menangkan-prabowo?page=all

https://www.youtube.com/watch?v=R9Xsk3lhEOM