[SALAH] Ribuan Warga Jadi Tumbal Gelombang Tinggi Samudera Hindia 10 Mei 2024

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya isi pembahasan dalam video tersebut hanya berisi himbauan BMKG kepada para nelayan di perairan Nias perihal adanya gelombang setinggi 2 meter di Samudera Hindia pada 11 Mei 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/iY2hkNFhq1o (arsip)

===========

[NARASI]:

BENCANA HARI INI~TAMAT‼️RIBUAN WARGA JADI TUMBAL GANASNYA GELOMBANG SAMUDRA HINDIA JUM’AT 10-05-2024

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang mengklaim jika adanya ribuan warga yang menjadi tumbal atas keganasan gelombang di Samudera Hindia yang terjadi pada 10 Mei 2024 lalu.

Narator dalam video hanya menjelaskan tentang himbauan BMKG yang meminta nelayan agar mewaspadai potensi gelombang dengan ketinggian 2,0 meter yang berpeluang terjadi di Samudera Hindia di barat Nias dan dan Samudera Hindia barat Aceh pada 11 Mei 2024.

Setelah itu dilakukan penelusuran di Google dengan menggunakan keyword “BMKG minta nelayan waspada gelombang tinggi di perairan Nias” ditemukan hasil temuan bahwa informasi yang dijelaskan oleh narator dalam video tersebut identik dengan artikel berjudul “BMKG minta nelayan waspada gelombang tinggi di perairan Nias”.

Hingga akhir pembahasan juga tidak ada informasi apapun mengenai adanya ribuan warga yang menjadi korban keganasan Samudera Hindia 10 Mei 2024. Isi video justru mengenai himbauan potensi gelombang setinggi 2 meter di perairan Nias pada 11 Mei 2024.

===========

 [REFERENSI] :

https://sumut.antaranews.com/berita/570129/bmkg-minta-nelayan-waspada-gelombang-tinggi-di-perairan-nias