[SALAH] Rekaman Gerhana Matahari di Benua Amerika 8 April 2024

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video tersebut bukan merupakan peristiwa gerhana matahari di Amerika Utara 8 April 2024 kemarin, melainkan peristiwa gerhana matahari di Chili pada tahun 2019 yang lalu.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/iWEGU (arsip)

===========

[NARASI]: gerhana matahari terlihat sangat jelas di benua amerika pada hari ini 8 april 2024 

===========

[PENJELASAN]: 

Sebelumnya NASA mengumumkan jika akan terjadi gerhana matahari total yang terjadi di negara-negara Amerika Utara seperti Mexico, Amerika Serikat, dan juga Kanada.

Terkait dengan hal itu muncul sebuah video di Tiktok yang membagikan video yang diklaim merupakan rekaman gerhana matahari total yang terjadi di Amerika Utara pada 8 April 2024.

Menyadur dari artikel AFP yang juga membahas klaim serupa, diketahui jika video yang beredar tersebut bukan merupakan kejadian gerhana matahari yang terjadi pada 8 April 2024 kemarin.

Berdasarkan temuan dari AFP dijelaskan jika video yang beredar tersebut merupakan video gerhana matahari yang terjadi di negara Chili pada 3 Juli 2019 yang lalu.

Berdasarkan penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika video tersebut bukan merupakan peristiwa gerhana matahari di Amerika Utara 8 April 2024 kemarin, melainkan peristiwa gerhana matahari di Chili pada tahun 2019 yang lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34Q88QF

https://www.facebook.com/watch/?v=712325602555647