[SALAH]: “Ma’ruf amin: kas negara menipis Ma’ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul pada artikel tersebut merupakan hasil suntingan dan judul artikel asli dari situs Liputan6.com yang dicatut adalah “Ma’ruf Amin: Kekerasan di Ponpes Mencoreng Dunia Pesantren”.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://ghostarchive.org/archive/Sdhoh

=====

[NARASI]: Mental pengemis,  Ma’ruf Amin minta rakyak sisihkan harta bantu pemerintah

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “@Tita83079013” yang mengunggah foto tangkapan layar dengan narasi Ma’ruf amin kas negara menipis Ma’ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah.

Setelah melakukan penelusuran menggunakan Google Image ditemukan gambar identik dari laman Liputan6.com dengan judul artikel yang berjudul “Ma’ruf Amin: Kekerasan di Ponpes Mencoreng Dunia Pesantren”.

Dikutip dari Liputan6, Ma’ruf meminta lingkungan pesantren untuk menjaga nilai-nilai Islam moderat (wasathiyyah) yang mengedepankan kesantunan dan cara-cara yang baik.

Ma’ruf Amin mengatakan, peristiwa kekerasan di salah satu pesantren di Tangerang tidak selaras dengan nilai Islam wasathiyyah dan ia meminta agar tidak terulang kembali di dunia pendidikan Islam.

Dengan demikian, klaim tentang Ma’ruf amin kas negara menipis Ma’ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/news/read/5057294/maruf-amin-kekerasan-di-ponpes-mencoreng-dunia-pesantren?page=2
https://turnbackhoax.id/2022/09/05/salah-maruf-amin-kas-negara-menipis-maruf-amin-minta-rakyat-sisihkan-harta-bantu-pemerintah/