[SALAH] Makan Siang Gratis Digagalkan 02

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video tersebut tidak menunjukkan akan menggagalkan makan siang gratis. Namun, hanya akan diganti menjadi makan gratis.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://web.archive.org/web/20240509051934/https://www.facebook.com/reel/1429266681031339?mibextid=xCPwDs&rdid=n6BRTERhhG9bz7W7&share_url=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fshare%2Fr%2FCxPjW4YpJwyT9Duf%2F%3Fmibextid%3DxCPwDs

====
[NARASI]
Janjinya A Nyatanya B Prank Prenk Pronk Ujungnya
02 gagalkan makan siang gratis?
yang pertama adalah makran gratis.

====
[ PENJELASAN]
Sebuah video beredar di Facebook menyatakan bahwa 02 gagalkan makan siang gratis. Video ini diunggah oleh Aji Pamungkas dan telah disukai lebih dari 6 ribu pengguna.

Setelah ditelusuri ternyata video tersebut tidak mengatakan akan menggagalkan program makan siang gratis yang dicanangkan oleh 02 yaitu Prabowo-Gibran. Dalam video tersebut terlihat seorang pria yang diketahui bernama Hasyim Djojohadikusumo sedang berpidato. Pemeriksa fakta menemukan video ini di kanal Youtube Merdekadotcom. Dalam video ini Hasyim menjelaskan bahwa program makan siang gratis akan diganti menjadi makan gratis bukan digagalkan. Hal ini dikarenakan, banyak anak sekolah yang masuk sekolah dengan perut kosong sehingga Prabowo memiliki tekad untuk mengisi perut anak-anak sekolah dengan makanan sehat dan bergizi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 02 tidak menggagalkan makan siang gratis, hanya mengganti menjadi makan gratis.

====
[REFERENSI]
https://youtu.be/MDbXU44Tj7Y?si=uIAKtUmmTSpTIFRj